Daftar Bandara Indonesia yang Terhubung Kereta Api, Apa Saja?

| 14 Jul 2023 22:05
Daftar Bandara Indonesia yang Terhubung Kereta Api, Apa Saja?
Bandara indonesia yang terhubung kereta api (unsplash)

ERA.id - Di era transportasi yang semakin maju, masyarakat kini memiliki beragam pilihan moda transportasi setelah turun atau sebelum naik pesawat di bandara, salah satunya adalah kereta api. Menariknya terdapat bandara indonesia yang terhubung kereta api, mana saja?

Indonesia telah mengembangkan konektivitas antara bandara dan stasiun kereta api. Hingga saat ini terdapat beberapa bandara di Indonesia yang memiliki akses langsung ke stasiun kereta api.

Bagi yang ingin mengetahui lokasi bandara-bandara tersebut, berikut adalah beberapa di antaranya:

Bandara Indonesia yang Terhubung Kereta Api

  1. Bandara Soekarno-Hatta

Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta berdiri sejak Juni 2015 dengan luas lahan lebih dari 8000 m2 dan kapasitas peron 2 ribu penumpang. Operasional dimulai pada 27 Desember 2017 dan diresmikan pada 2 Januari 2018.

Stasiun ini terhubung dengan empat stasiun lainnya, yaitu Manggarai, BNI City, Duri, dan Batu Ceper. KA Bandara Soekarno-Hatta memiliki sepuluh set kereta dengan kapasitas angkut 33 ribu penumpang harian.

  1. Bandara Kualanamu

    Bandara Kualanamu (unsplash)

Stasiun KA Bandara Kualanamu berdiri dengan luas sekitar 10.000 m2 dan kapasitas 308 tempat duduk. Beroperasi sejak 25 Juli 2013, stasiun ini memiliki dua lantai, dengan lantai pertama untuk kedatangan dan keberangkatan, dan lantai kedua sebagai akses menuju area check-in bandara.

Kereta bandara Kualanamu menggunakan kereta rel diesel (KRDE) dengan 16 gerbong dan empat set kereta yang dapat mengangkut 172 penumpang. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit untuk jarak perjalanan 28 km.

  1. YIA

Yogyakarta International Airport (YIA) merupakan bandara lain yang terhubung dengan kereta api. Terdapat rute kereta Stasiun Yogyakarta-Wates-YIA PP yang melayani penumpang menuju bandara ini.

  1. Sultan Mahmud Badaruddin II

Sementara itu, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II juga memiliki kereta bandara yang telah beroperasi sejak 1 Agustus 2018. Kereta ini melayani penumpang dengan tujuan akhir Stasiun Mahmud Badaruddin II di Palembang.

Penumpang dapat mengakses kereta ini melalui 11 stasiun LRT, yaitu Opi, Jakabaring, Gubernur Bestari-Polresta, Jembatan Ampera, Pasar Cinde, Dishub Kominfo Provinsi Sumatera Selatan, Palembang Icon, SMK 2, Polda, RSUD, dan Asrama Haji.

Selain bandara indonesia yang terhubung kereta api, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi