Profil Ambarita Damanik, Ditunjuk Kapolri sebagai Staf Ahli Kemenpora

| 26 Jul 2023 17:05
Profil Ambarita Damanik, Ditunjuk Kapolri sebagai Staf Ahli Kemenpora
Ambarita Damanik dan Novel Baswedan (Foto: Istimewa)

ERA.id - Ambarita Damanik, eks penyidik KPK, akhirnya ditunjuk Kapolri Listyo Sigit sebagai staf ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk melakukan langkah pencegahan narkoba di lingkungan Kemenpora. Hal tersebut diungkapkan oleh Menpora Dito Ariotedjo dalam acara Kemenpora bersama KPK, Selasa 25 Juli 2023 kemarin. Simak profil Ambarita Damanik dalam artikel ini.

"Hari ini, kita sudah meminta pihak KPK untuk melakukan koordinasi. Pihak Mabes Polri pun juga berkoordinasi dengan Satgas Pencegahan Anti Korupsi. Pak Kapolri, baru saja menugaskan Pak Ambarita Damanik sebagai tenaga ahli di bidang pencegahan korupsi di Kemenpora," jelas Dito.

Gedung KPK (Syamsul Ma'arif/VOI)

Penunjukan Ambarita sebagai staf ahli dalam organisasi Kemenpora ini diharapkan menjadi langkah demi memastikan pengelolaan Kemenpora terhindar dari praktik korupsi.

Adapun Ambarita Damanik sendiri dikenal sebagai salah satu penyidik KPK yang kerap memiliki andil dalam penyelesaian kasus besar. Lantas, siapakah sosok Ambarita sebenarnya?

Profil Ambarita Damanik

Ambarita Damanik merupakan salah satu penyidik senior KPK. Sejak tahun 2005 hingga tahun 2021, ia ditugaskan di bidang penindakan korupsi.

Damanik mengawali kariernya di dunia KPK sejak dirinya ditugaskan dari Polri sebagai penyidik KPK pada tahun 2005. Selama merintis karier di Polri, Damanik pun kerap kali ditugaskan di bidang Reskrim. Ia juga sempat ditunjuk sebagai Anggota Kontingen Pasukan Garuda di Kamboja dan juga sebagai Anggota Satgas Anti Teror dan Bom (ATB).

Damanik pun pernah berproses dalam penyelesaian beberapa kasus besar selama berkarier di KPK, antara lain kasus korupsi proyek e-KTP, kasus korupsi di berbagai BUMN, hingga operasi tangkap tangan (OTT) yang sering digelar KPK. Ia juga pernah menerima penghargaan dari FBI atas jalinan kerjasama yang baik antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam pengungkapan kasus e-KTP yang menjerat Setya Novanto, mantan Ketua DPR RI.

Salah satu yang tidak lulus TWK sebagai penyidik KPK Tahun 2021 lalu

Karier cemerlang yang didapatkan Damanik selama berada di KPK pun membuatnya memilih pensiun dini dari Polri pada tahun 2012 lalu. Sayangnya, kariernya di KPK harus terhenti sementara saat dirinya diumumkan tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai penyidik KPK pada tahun 2021 lalu bersama 57 orang penyidik lainnya, salah satunya Novel Baswedan.

Setelah satu tahun hengkang dari KPK, Damanik pun kembali mendapat kepercayaan sebagai Anggota Satgassus Pencegahan Korupsi Polri. Ia pun mengemban tugas untuk mencegah korupsi dalam program pupuk subsidi dan dana pemulihan ekonomi nasional.

Saat ini, Damanik pun akan segera memulai babak baru dan melaksanakan tugas selanjutnya sebagai tenaga ahli pencegahan korupsi di Kemenpora.

Demikianlah penjelasan tentang profil Ambarita Damanik, eks penyidik KPK yang ditunjuk Kapolri sebagai staf ahli Kemenpora.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi