5 Peristiwa Penting Bulan Agustus 1945 Terkait Kemerdekaan Indonesia

| 02 Aug 2023 07:05
5 Peristiwa Penting Bulan Agustus 1945 Terkait Kemerdekaan Indonesia
Umah bersejarah peristiwa Rengasdengklok yang telah direvitalisasi (situs resmi Kemendikbudristek)

ERA.id - Agustus adalah bulan yang spesial sebab pada Agustus 1945 sebuah negara besar bernama Indonesia lahir. Setiap tahun, masyarakat Indonesia membuat bulan tersebut ramai dan semarak demi menyambut Hari Kemerdekaan.

Namun, hal besar bukan hanya berupa pembacaan proklamasi. Ada beberapa peristiwa penting bulan Agustus 1945 yang perlu kita kenang karena berkaitan dengan kemerdaan. Dirangkum Era.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah rinciannya.    

Berbagai Peristiwa Penting Bulan Agustus 1945

1. Bom di Jepang

Pada 6 Agustus 1945, sebuah bom atom meluluh lantakkan Hiroshima, Jepang. Bom atom uranium tersebut dijatuhkan oleh Amerika Serikat untuk mengalahkan Jepang dalam Perang Dunia II. Ratusan ribu penduduk Hiroshima tewas.

Gumpalan asap akibat bom di Hiroshima dan Nagasaki (Antaranews)

Namun hal tersebut bukan akhir dari serangan. Tiga hari berselang, Amerika Serikat kembali menjatuhkan bom atom di Jepang, tepatnya di Nagasaki. Hal tersebut membunuh sekitar 94 ribu manusia yang hidup di sana.

Ini bukan hanya menjadi peristiwa besar bagi Jepang dan Amerika Serikat (Sekutu), tetapi juga cikal bakal Indonesia. Sebelum bom tersebut dijatuhkan, Jepang sedang menduduki Nusantara. Kemudian, saat dua kota tersebut dihancurkan Amerika Serikat, masyarakat di Nusantara melihatnya sebagai celah untuk memerdekaan diri.

2. Jepang menyerah kepada Sekutu

Bom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki menjadi pukual keras bagi Jepang. Negara tersebut akhirnya menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 14 Agustus 1945. Peristiwa tersebut dilakukan di kapal USS Missouri.

Kekalahan Jepang diumumkan oleh Hiroto, Kaisar Jepang pada masa itu. Peristiwa ini mengakhiri Perang Dunia II. Hal tersebut juga meningkatkan peluang Nusantara untuk lahir sebagai Indonesia.

3. Pembubaran BPUPKI dan pembentukan PPKI

Kabar serangan Sekutu kepada Jepang membuat para pemuda dan pejuang di Nusantara segera mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan. Mereka lantas membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 7 Agustus 1945.

Pada tanggal itu pula, Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai dibubarkan. Untuk diketahui, BPUPKI adalah organisasi bentukan Jepang di Nusantara.

4. Peristiwa Rengasdengklok

Sebelum proklamasi dibacakan, terjadi perbedaan pendapat di masyarakat, yaitu antara golongan muda dan golongan tua. Kemudian, pada 16 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Penculikan ini bukanlah hal yang dimaknai negatif, tetapi positif. Golongan muda menculik dua tokoh tersebut untuk menjauhkan keduanya dari pengaruh Jepang yang saat itu dinilai sedang bersiasat dengan menawarkan kemerdekaan.

Golongan tua—termasuk Soekarno dan Hatta—tidak ingin segera memproklamirkan kemerdekaan. Sementara, golongan muda menilai kemerdekaan harus segera ditegakkan. Kedua tokoh tersebut diculik agar bisa diajak berdiskusi tanpa tercemari pengaruh Jepang.

5. Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) adalah  konstitusi dan sumber hukum tertinggi Indonesia. UUD 1945 ditetapkan oleh PPKI satu hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacarakan, yaitu 18 Agustus 1945.

Itulah berbagai peristiwa penting bulan Agustus 1945 bagi Indonesia. Kita sebagai penerus bangsa sudah sepantasnya tahu hal-hal tersebut karena itu merupakan bagian dari asal usul negara Indonesia.

Rekomendasi