Peristiwa Penting Bulan Agustus: Dari Kemerdekaan Indonesia hingga Kemunculan Monster Laut

| 11 Aug 2024 21:25
Peristiwa Penting Bulan Agustus: Dari Kemerdekaan Indonesia hingga Kemunculan Monster Laut
Pembacaan Proklamasi di hari Kemerdekaan RI (IPPHOS Jakarta)

ERA.id - Agustus menjadi bulan yang penuh dengan peristiwa bersejarah yang mengguncang dunia. Lantas apa saja peristiwa penting bulan Agustus?

Bulan Agustus telah menyaksikan berbagai peristiwa penting yang membentuk sejarah peradaban manusia. Di antara sekian banyak peristiwa tersebut, beberapa di antaranya memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap perjalanan sejarah Indonesia.

Peristiwa Penting Bulan Agustus

  1. Proklamasi Kemerdekaan

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan pada pukul 10:00 Waktu Standar Tokyo pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 di Jakarta.

Proklamasi menandai dimulainya perlawanan diplomatik dan bersenjata dalam Revolusi Nasional Indonesia untuk melawan pasukan Belanda dan warga sipil pro-Belanda. Hingga kemudian Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949.

Proklamasi ditandatangani oleh Sukarno dan Mohammad Hatta, yang masing-masing kemudian diangkat menjadi presiden dan wakil presiden.

Tanggal Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dijadikan hari libur nasional melalui keputusan pemerintah yang dikeluarkan pada 18 Juni 1946.

  1. Pati Ka Du’a Bapu Ata Mat

Pada bulan Agustus terdapat salah satu festival rakyat paling tradisional di Indonesia yaitu Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata. Perayaan ini merupakan festival tahunan untuk menghormati para leluhur di Gunung Kelimutu.

Biasanya penduduk setempat akan melakukan ziarah ke danau-danau untuk mempersembahkan makanan sebagai penghormatan kepada arwah orang-orang tercinta yang telah meninggal.

  1. Christopher Columbus Berlayar

Penjelajah Christopher Columbus berlayar dengan tiga kapal, Nina, Pinta, dan Santa Maria pada 3 Agustus 1492.

Columbus mendarat di Bahama sedikit lebih dari dua bulan kemudian, pada 12 Oktober. Columbus menyelesaikan empat perjalanan pulang pergi antara Spanyol dan Amerika dari tahun 1492 hingga 1504.

  1. Bom Atom

Para ilmuwan mengembangkan dan menguji bom atom pertama di New Mexico. Ini adalah proyek rahasia tinggi yang disebut Proyek Manhattan.

Proyek ini melibatkan J. Robert Oppenheimer memimpin laboratorium dan Brigadir Jenderal Leslie R. Groves yang bertanggung jawab atas semua kegiatan Angkatan Darat terkait proyek tersebut.

Diperkirakan 140.000 orang tewas pada akhir tahun dan bom atom kedua dijatuhkan di Nagasaki tiga hari kemudian.

  1.  Monster Loch Ness Ditemukan

Monster Loch Ness, atau Nessie, adalah makhluk yang umumnya disebut dalam Folklore Skotlandia. Pada Agustus 1933, melalui sebuah cerita yang dipublikasikan mendokumentasikan kisah penampakan George Spicer.

Kemudian minat publik dunia pada makhluk laut yang diduga itu tumbuh secara radikal. Namun tidak ada yang tahu kapan Nessie terlihat untuk pertama kalinya. Namun, cerita-cerita berasal dari abad keenam Masehi.

Monster Loch Ness Ditemukan (X)
  1. Perjalanan Balon Pertama Melintasi Atlantik

Perjalanan balon udara panas pertama melintasi Samudra Atlantik dimulai pada tahun 1978. Perjalanan dilakukan oleh Max Anderson, Larry Newman, dan Ben Abruzzo, dari Albuquerque, New Mexico, terbang dari Presque Isle, Maine pada 11 Agustus.

Balon tersebut bernama Double Eagle II dan membawa penjelasah sejauh 3.000 mil melintasi lautan dalam perjalanan yang berlangsung selama 137 jam. Pada 17 Agustus, mereka mendarat di Miserey di Prancis, sekitar 60 mil dari ibu kota Paris.

  1. Hawaii Menjadi Negara Bagian ke-50

Presiden Dwight D. Eisenhower menjadikan Hawaii sebagai negara bagian ke-50 di Union ketika ia menandatangani sebuah proklamasi.

Selain peristiwa penting bulan agustus, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi