Benarkah Kunci Setang Motor ke Kanan Lebih Aman? Simak Penjelasannya di Sini

| 03 Aug 2023 15:15
Benarkah Kunci Setang Motor ke Kanan Lebih Aman? Simak Penjelasannya di Sini
Ilustrasi motor (Pixabay)

ERA.id - Saat ini aksi curanmor menjadi salah satu tindak kriminal yang cukup banyak ditemukan. Aksi pencurian motor ini bisa terjadi dimana pun, tergantung pada situasi dan kesempatan yang ada. Untuk mencegah aksi ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan cara mengunci setang motor ke arah kanan. Cara ini diyakini lebih aman dibandingkan mengunci setang sepeda motor ke arah sebaliknya. Lantas, benarkah kunci setang motor ke kanan lebih aman? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Benarkah kunci setang motor ke kanan lebih aman?

Endro Sutarno, seorang Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), menjelaskan memang ada beberapa tipe sepeda motor yang jika setangnya dikunci ke arah kanan, maka bagian setang akan menutup akses menuju lubang kunci kontak.

"Ini memang jadi hambatan orang kalau mau mencuri motor. Agak kesusahan atau bisa jadi pencuri akan lebih lama dalam menjalankan aksinya," jelas Endro Sutarno.

Barang bukti motor hasil curian/FOTO: M JEHAN-VOI

Meskipun demikian, ia mengungkapkan bahwa kondisi mengunci ke kanan mempersulit tindakan si pencuri beraksi serta merta dapat dijadikan patokan. Para pemilik sepeda motor mempunyai pilihan sendiri terkait bagaimana mereka mengunci motor.

"Kalau kami dari pihak produsen tidak bisa mengarahkan. Karena kami sendiri juga memiliki kebiasaan masing-masing. Cukup sulit disamakan," lanjut Endro Sutarno.

Sementara itu, Anto Hananto, seorang Kepala Teknisi AHASS 88, juga mengonfirmasi kebenaran hal tersebut.

Ia mengatakan, metode pencurian motor matik yang dilakukan pada umumnya, seringkali memanfaatkan kunci ’T’ berukuran 10-12 yang diselipkan di leher bagian kanan stang.

“Mereka (pencuri) mengincar kuncian setang yang letaknya di bagian kanan bawah. Jadi saat posisi motor dikunci setang kiri, bagian itu mudah diakses. Ini modus umum yang sering dilakukan,” katanya.

Dengan demikian, bukan disebabkan kunci stang kanan pengamannya yang dobel, melainkan karena aksesnya jauh lebih sulit.

Dia memberikan saran, trik ampuh yang paling aman menjaga kendaraan dari maling yaitu dengan cara memanfaatkan gembok cakram.

Tips memperkecil risiko curanmor

Untuk memperkecil risiko aksi pencurian sepeda motor, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Seperti yang dikutip dari laman Wahana Honda, berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan:

  • Usahakan untuk selalu parkir di tempat resmi atau yang disiapkan dengan layanan pengawasan, berbayar, dan Anda menerima bukti retribusi parkir
  • Diparkir dengan standar di tengah
  • Pastikan parkiran terjangkau oleh CCTV
  • Dikunci ganda, manfaatkan secure key system
  • Gunakan tombol rahasia untuk menyulitkan si tangan panjang.

Demikianlah penjelasan tentang benarkah kunci setang motor ke kanan lebih aman serta beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko curanmor. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : curanmor tips
Rekomendasi