Profil Amadeo Yesa, Maba ITS 2023 Peraih Nilai UTBK Tertinggi se-Indonesia, Menginspirasi!

| 10 Aug 2023 19:15
Profil Amadeo Yesa, Maba ITS 2023 Peraih Nilai UTBK Tertinggi se-Indonesia, Menginspirasi!
Amadeo Yesa dalam acara Pengukuhan Mahasiswa Baru 2023 ITS (Foto: ITS.ac.id)

ERA.id - Seorang mahasiswa bernama Amadeo Yesa dari Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menjadi peraih nilai tertinggi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) se-Indonesia dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023. Amadeo berhasil meraih nilai rata-rata sebesar 827,94 dalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri tersebut. Profil Amadeo Yesa akan dibahas dalam artikel ini.

Profil Amadeo Yesa

Mahasiswa yang lahir di Surabaya, 25 Juli 2005 itu mengungkapkan tidak menduga atas capaian nilai yang sudah didapatkannya tersebut. Bagi Deo, sapaan akrabnya, ada banyak faktor yang membantu membuat dirinya sampai hingga titik tersebut. Salah satunya tentu saja dari doa dan dukungan kedua orang tua serta dari guru-gurunya di masa SMA.

Amadeo Yesa (Foto: ITS.ac.id)

Sedangkan terkait persiapannya dalam menghadapi tes SNBT di tahun ini, Deo mengungkapkan bahwa dirinya tidak mempunyai strategi khusus. Menurutnya, ia hanya belajar secara rutin setiap harinya. Selain itu, alumnus SMA Katolik Rajawali Makassar tersebut mengaku menjalani banyak latihan soal.

“Saya lebih senang belajar sedikit demi sedikit namun kontinyu dibanding dengan belajar banyak tapi hanya sekali,” kata Deo.

Pemuda berkacamata tersebut mengaku tidak mendapatkan kesulitan dalam mengulik substansi tes UTBK yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dari beberapa tes yang diujikan, Deo berhasil unggul dalam kategori subtes Penalaran Matematika dengan meraihan nilai sebesar 952,23.

“Kebetulan karena saya memang suka mata pelajaran matematika sejak dulu,” jelasnya.

Sudah Dicita-citakan Sejak Kecil

Ketika ditanya tentang alasan dari Deo saat memilih Kampus Pahlawan ini sebagai tempatnya untuk melanjutkan pendidikan, pemuda berusia 18 tahun tersebut menjelaskan bahwa tidak ada alasan khusus. Menurutnya, ITS adalah satu-satunya kampus yang sudah dicita-citakannya sejak kecil. Ia juga mempunyai keyakinan bahwa jurusan Teknik Informatika ITS adalah jurusan yang terbaik di Indonesia.

"Bahkan ketika saya sempat merasa bingung untuk memilih jurusan, saya sudah mantap memilih ITS sebagai kampus tujuan saya, apapun jurusannya," tandas Deo.

Lantas perjuangan peraih medali perak dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Kimia itupun akhirnya mendapatkan jalannya. Walaupun sempat gagal masuk Departemen Teknik Informatika ITS pada jalur masuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), tidak membuat surut tekad Deo untuk masuk jurusan dan kampus impiannya ini.

"Dari kedua jalur tersebut saya mantap menempatkan jurusan saya ini di pilihan pertama dan hanya satu-satunya," tutur Deo.

Ketika ditanya tentang harapan Deo selanjutnya, anak bungsu dari dua bersaudara tersebut mengatakan bahwa dirinya berharap agar dapat mengikuti perkuliahan dengan lancar.

Ia juga mengungkapkan harapannya untuk terus dapat mengembangkan minat dan kemampuannya dengan mengikuti pelatihan dan perlombaan dalam olimpiade.

Demikianlah ulasan tentang profil Amadeo Yesa, peraih nilai tertinggi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) se-Indonesia dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023. Semoga informasi ini dapat menjadi inspirasi bagi semua pelajar dan mahasiswa di negeri ini.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi