Apa Itu Soedirman Award dan Apa Saja Kategori Diberikan kepada Prajurit Berprestasi?

| 04 Sep 2023 23:05
Apa Itu Soedirman Award dan Apa Saja Kategori Diberikan kepada Prajurit Berprestasi?
Apa itu soedirman award (X)

ERA.id - Dari banyak ajang penghargaan bagi prajurit berprestasi, Soedirman Award menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu. Lantas, apa itu Soedirman Award?

Merupakan program sinergi erat dengan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), Soedirman Awards diselenggarakan dengan tujuan mengidentifikasi dan menghargai tentara-tentara berprestasi yang menjadi contoh teladan di Indonesia.

Apa Itu Soedirman Award?

Program ini merupakan bentuk penghargaan atas dedikasi dan pengabdian luar biasa dari para pahlawan modern, sejalan dengan semangat kepahlawanan Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman.

Sebagaimana diketahui, sosok Jenderal Soedirman selalu menjadi motivasi dan menginspirasi para anggota TNI dalam menjalankan tugas-tugas mereka untuk menjaga kedaulatan dan keselamatan negara.

Soedirman Awards adalah bentuk apresiasi dan penghormatan yang tulus kepada mereka (para prajurit) yang berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara.

3 Kategori Soedirman Award

Program Soedirman Award memiliki tiga kategori yang akan diberikan kepada penerima yang berprestasi, yaitu: Tentara Berdedikasi, Tentara Inovatif, dan Tentara Penjaga Wilayah NKRI.

  1. Tentara Berdedikasi

Kategori ini diberikan kepada prajurit TNI yang tidak hanya melaksanakan tugas utama mereka dengan sangat baik, tetapi juga memberikan pelayanan luar biasa kepada masyarakat di luar lingkup tugas militer mereka.

Selain itu, tentara yang berhak menerima penghargaan ini adalah yang melakukan pekerjaan  yang berdampak positif yang signifikan, baik terhadap institusi militer maupun masyarakat umum. Selain itu, pengabdian mereka di luar tugas utama mendapatkan pengakuan dan penghargaan yang pantas.

  1. Tentara Inovatif

Penghargaan dalam kategori ini diberikan kepada prajurit TNI yang telah menciptakan kebijakan inovatif dan solutif. Inovasi yang mereka perkenalkan tidak hanya bermanfaat bagi institusi militer tetapi juga memberikan dampak positif pada masyarakat lebih luas. Inovasi yang mereka hasilkan mungkin dapat diadopsi dan diterapkan di wilayah atau institusi lain. Prestasi inovatif mereka juga diakui dan dihargai.

  1. Tentara Penjaga Wilayah NKRI

Penghargaan dalam kategori ini diberikan kepada prajurit TNI yang telah berperan aktif dalam menjaga wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama di wilayah-wilayah yang termasuk dalam kategori tertinggal, terdepan, dan terluar.

Tindakan nyata para prajurit dalam menjaga integritas wilayah NKRI mendapatkan pengakuan yang pantas. Selain itu, mereka juga berperan dalam menggalakkan partisipasi masyarakat di wilayah tugas mereka dan memiliki kemampuan dalam mencegah atau menangani konflik sosial dan kejahatan. Mereka juga membantu pemerintah dalam upaya memajukan wilayah tempat mereka bertugas.

Proses Penjaringan Soedirman Awards 2023

Proses penjaringan kandidat penerima Soedirman Awards 2023 telah dimulai hari ini dengan dua opsi jalur usulan yang tersedia. Selain itu, masyarakat dapat mengusulkan kandidat melalui formulir digital, sementara internal matra TNI juga memiliki kesempatan untuk memberikan usulan kepada panitia.

Setelah tahap penjaringan selesai, penerima dalam kategori Tentara Berdedikasi, Tentara Inovatif, dan Tentara Penjaga Wilayah NKRI akan diumumkan.

Proses Penjaringan Soedirman Awards 2023 (X)

Penjaringan kandidat yang berhak menerima penghargaan Soedirman Awards telah resmi dimulai pada hari Jumat, tanggal 1 September 2023 lalu.

Proses penjaringan ini dilakukan melalui dua jalur usulan yang tersedia, yaitu masyarakat dapat mengusulkan kandidat melalui formulir digital, sementara internal matra TNI juga memiliki kesempatan untuk memberikan usulan kepada panitia penyelenggara.

Setelah tahap penjaringan selesai, penerima penghargaan dalam program Soedirman Awards akan diumumkan pada acara penganugerahan yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2023.

Dalam menyeleksi kandidat penerima penghargaan Soedirman Awards, terdapat tiga dewan pakar yang akan menjadi juri. Mereka adalah Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid, mantan Wakil Ketua Komnas HAM, Amiruddin Al Rahab, dan Pemimpin Redaksi detik, Alfito Deannova.

Selain apa itu Soedirman Award, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi