Peluang Investasi di Tahun Politik, Mana yang Paling Cuan?

| 17 Oct 2023 16:15
Peluang Investasi di Tahun Politik, Mana yang Paling Cuan?
Peluang investasi di tahun politik (unsplash)

ERA.id - Tahun politik selalu menjadi periode yang penuh dengan tantangan, tetapi juga peluang besar di dunia investasi. Lantas apa saja peluang investasi di tahun politik yang dapat dicoba?

Saat para pemimpin berlomba-lomba untuk memenangkan dukungan rakyat, kebijakan ekonomi dan keuangan negara menjadi pusat perhatian. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai peluang investasi yang muncul selama tahun politik.

Peluang Investasi di Tahun Politik

  1. Properti

Setelah melewati masa pandemi, tidak semua segmen dalam industri properti mampu pulih dengan cepat. Misalnya, ruang perkantoran dan area komersial seperti pusat perbelanjaan masih terpengaruh oleh perubahan pola bisnis. Namun, salah satu segmen yang pulih lebih cepat adalah sektor hunian.

Sebagian ahli menyatakan bahwa hingga tahun 2024, proyeksi pasar properti diperkirakan sekitar 5% dan tidak menunjukkan tanda penurunan, tetapi cenderung stabil.

Perlu diketahui pasar properti memiliki siklus seperti sebuah jam yang terus bergerak. Selama 3 tahun terakhir, pergerakan pasar terhambat oleh pandemi, dan saat ini, sektor hunian berada pada pukul 7 dalam jam tersebut, siap untuk mengalami pertumbuhan.

  1. Saham

Menurut Chief Investment Officer (CIO) BRI-MI, Herman Tjahjadi, pasar saham dan pasar obligasi Indonesia masih menawarkan valuasi dan imbal hasil yang relatif menarik.

Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan oleh posisi Indonesia yang berada di tengah siklus bisnis (mid business cycle) dengan pertumbuhan PDB sebesar 5% pada tahun 2023 dan 2024, serta stabilitas nilai tukar rupiah yang terjaga.

pasar saham dan obligasi masih menawarkan valuasi dan imbal hasil yang relatif menarik (unsplash)
  1. Travel dan Kuliner

Selain properti dan saham, berakhirnya pandemi yang sebelumnya mempengaruhi perekonomian akan memberikan dampak positif. Terutama pada segmen kelas menengah ke atas yang mulai meningkatkan konsumsi, terutama dalam sektor perjalanan dan kuliner. Hal ini diharapkan akan mendorong kestabilan ekonomi.

  1. Obligasi

Pasar obligasi menunjukkan potensi pertumbuhan positif, dan optimisme terhadap pasar obligasi tetap stabil.

Faktor yang mendukung obligasi adalah tingginya imbal hasil riil dan dasar-dasar makroekonomi yang kuat. Terlebih lagi, kenaikan suku bunga yang terbatas dan ekspektasi perlambatan penguatan dolar AS dapat mendorong penurunan imbal hasil obligasi, memberikan dampak positif pada kinerja pasar obligasi.

Agar bisa memilih investasi yang sesuai cara apa saja yang harus dilakukan?

Memilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan Anda adalah langkah penting dalam merencanakan masa depan finansial. Untuk memastikan Anda membuat keputusan investasi yang bijak, ada beberapa poin penting yang perlu Anda pertimbangkan.

Pertama-tama, tetapkan tujuan keuangan Anda. Apakah Anda berinvestasi untuk pensiun, pendidikan anak, atau tujuan jangka pendek? Tujuan Anda akan mempengaruhi strategi investasi Anda.

Selanjutnya, evaluasi tingkat risiko yang siap Anda tanggung. Profil risiko Anda akan mempengaruhi jenis investasi yang sesuai. Pastikan untuk memahami berbagai jenis investasi, seperti saham, obligasi, reksadana, dan properti. Pelajari karakteristik, risiko, dan potensi imbal hasil dari masing-masing jenis investasi.

Ketiga adalah diversifikasi portofolio yang menjadi kunci untuk mengurangi risiko. Sebarkan investasi Anda di berbagai kelas aset. Juga, pertimbangkan jangka waktu investasi Anda. Investasi jangka panjang dan jangka pendek memiliki strategi berbeda.

Lalu konsultasikan dengan seorang profesional keuangan jika Anda merasa perlu. Mereka dapat memberikan saran yang berharga. Lakukan riset mendalam sebelum Anda berinvestasi. Pantau dan evaluasi portofolio Anda secara berkala, dan sesuaikan dengan perubahan tujuan dan kondisi pasar.

Terakhir adalah jangan lupa mempertimbangkan biaya yang terkait dengan investasi. Biaya transaksi dan biaya pengelolaan dapat mempengaruhi imbal hasil bersih investasi Anda. Terakhir, ingatlah bahwa investasi memerlukan kesabaran dan disiplin. Hindari mengambil keputusan impulsif berdasarkan fluktuasi pasar.

Selain peluang investasi di tahun politik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi