Peluang Bisnis Menjelang Pemilu yang Dapat Dilakukan, Simak di Sini!

| 24 Oct 2023 22:05
Peluang Bisnis Menjelang Pemilu yang Dapat Dilakukan, Simak di Sini!
Ilustrasi Pemilu 2024 (Foto: VOI)

ERA.id - Tahun 2024 dapat dikatakan menjadi tahun yang cukup ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, pada tahun tersebut, akan diselenggarakan Pemilu yang menjadi pesta demokrasi rakyat untuk memilih calon Presiden yang menggantikan Joko Widodo. Selain disambut dengan antusias oleh para politisi, tahun Pemilu juga merupakan kesempatan yang menjanjikan untuk para pebisnis sebab banyak peluang bisnis menjelang Pemilu yang dapat dijalankan.

Terlebih setelah status pandemi COVID-19 dicabut, perekonomian Indonesia yang mulai kembali terbangun menjadi sinyal positif dengan munculnya berbagai usaha-usaha baru di tahun 2024. Nah, jika Anda berniat menambah keuntungan, sebaiknya segeralah baca sejumlah peluang bisnis saat Pemilu nanti.

Sebagai pesta demokrasi terbesar yang akan melibatkan ratusan juta penduduk Indonesia, pemerintah memang sudah menjalani persiapan untuk tahun depan. Melansir website resmi Kominfo, Presiden Joko Widodo sudah menentukan jadwal Pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden penggantinya pada 14 Februari 2024 mendatang.

Selain jadwal Pemilu, dijelaskan pula terkait waktu Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak pada bulan November 2024. Dengan demikian, dalam dua penyelenggaraan pesta demokrasi raksasa tersebut, berbagai peluang bisnis diperkirakan akan meroket. Berikut beberapa peluang bisnis yang dapat dijalankan:

Jasa desain grafis  

Mulai dari poster, kaos, billboard, baliho, ataupun konten di media sosial pasti memerlukan desain yang menarik. Bagi Anda yang menguasai kemampuan di bidang desain grafis, jasa desain grafis dapat dijadikan ide bisnis yang berpeluang besar jelang pemilu.

Bisnis konveksi

Konveksi merupakan salah satu sektor bisnis yang menerima keuntungan dalam jumlah besar menjelang pemilu. Pada masa kampanye, usaha konveksi tentunya akan banyak menerima pesanan dari berbagai partai peserta pemilu, seperti pembuatan kaos, tas, topi, ataupun bendera. Barang-barang itu selanjutnya akan digunakan untuk mendukung aktivitas kampanye di berbagai daerah di Indonesia. Potensi pasar dari bisnis ini dapat dijadikan peluang bisnis menjelang Pemilu.

Ilustrasi bisnis konveksi (Foto: Detha Arya Tifada/VOI)

Bisnis digital marketing

Selain melalui baliho dan poster, pada zaman modern seperti ini berbagai cara untuk mencari suara dapat dilakukan secara virtual melalui iklan di televisi ataupun media sosial. Anda dapat menawarkan jasa pembuatan konten atau iklan dengan bayaran yang cukup menguntungkan.

Bisnis percetakan

Bisnis percetakan dapat menjadi pelung bisnis yang mengundang keuntungan dan sudah pasti akan meraup cuan besar saat pemilu tahun depan. Selama masa kampanye dilangsungkan, partai-partai peserta pemilu akan mencetak bermacam-macam atribut kampanye, mulai dari poster, kalender, flyer, stiker, hingga baliho.

Selain saat kampanye, KPU (Komisi Pemilihan Umum) juga akan mencetak surat suara yang akan diedarkan ke seluruh Indonesia. Hal ini juga bisa menjadikan bisnis percetakan berpeluang mendapatkan omzet lebih banyak dari hari biasa.

Jasa event organizer

Jasa event organizer pada umumnya banyak digunakan oleh partai politik dan calon presiden dan wakil presiden pada masa kampanye. Untuk mengumpulkan dukungan, para tim sukses akan menyelenggarakan acara yang dihadiri oleh banyak warga dan pendukung. Event organizer bertugas mulai dari menentukan konsep acara, perencanaan sistem, hingga menyelenggarakan sebuah metode kampanye untuk membuat jalan kampanye tersebut sukses.

Bisnis katering

Dari berbagai macam acara yang digelar saat kampanye, tentu saja konsumsi akan menjadi hal yang selalu dibutuhkan. Pada masa-masa menjelang pemilu, bisnis katering dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Demikianlah ulasan tentang peluang bisnis menjelang pemilu yang dapat Anda jalankan. Bagaimana, apakah Anda berminat memilih salah satunya?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi