Tips Menulis Profil Usaha yang Efektif dan Direkomendasikan

| 29 Jun 2024 18:10
Tips Menulis Profil Usaha yang Efektif dan Direkomendasikan
Ilustrasi tips menulis profil usaha. (Freepik)

ERA.id - Ketika akan mengawali bisnis, Anda harus menyusun perencanaan bisnis dari berbagai macam aspek. Anda dapat menulis visi misi bisnis, rencana produk, rencana pendanaan, strategi marketing, dan lainnya.  Dalam perencanaan bisnis yang tersusun rapi, sebenarnya Anda juga harus menuliskan latar belakang atau profil usaha. Penulisan ini dilakukan dengan tujuan agar Anda dapat lanjut menyusun visi misi dengan jelas, dan juga menjadi acuan dalam merancang pembuatan produk. Lantas bagaimana tips menulis profil usaha dengan baik? Simak ulasannya di bawah ini.

Tips Menulis Profil Usaha

Tuliskan Sejarah Berdirinya Bisnis Anda

Dilansir dari laman resmi Economy, dalam rencana bisnis, Anda dapat menuliskan sejarah didirikannya bisnis secara singkat. Sebelum masuk pada visi misi bisnis, Anda perlu membuatnya sebagai pengantar. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan motivasi awal mendirikan bisnis yang akan Anda jalani.  Agar lebih menarik, Anda dapat memperlihatkan gambar atau grafik yang mendeskripsikan perjalanan bisnis Anda. Selanjutnya, jika sebelumnya Anda pernah mengalami kegagalan dalam bisnis, Anda dapat menceritakan hal yang bisa dipelajari dari kegagalan sebelumnya.

Ilustrasi. (Freepik)

Ceritakan Peluang Bisnis Anda

Setelah Anda menceritakan latar belakang usaha, ide-ide yang akan dieksekusi, Anda juga harus mengungkapkan peluang bisnis Anda yang berpotensi masuk dalam pasar. Anda dapat menceritakan seberapa besar peluang produk bisnis Anda diterima oleh masyarakat.

Agar lebih lengkap, Anda juga dapat menunjukkan cara Anda mengidentifikasi peluang, contohnya melalui survei atau sekadar meninjau kebutuhan masyarakat yang terlihat di media sosial.  Anda juga dapat menambahkan kelebihan dan kekurangan bisnis Anda, ketika masuk dalam pasar. Jangan lupa untuk menambahkan strategi atau solusi yang Anda tawarkan agar kekurangan tersebut dapat ditangani.

Tulis Ide-ide yang Akan Anda Gunakan

Mendirikan bisnis tentu berasal dari ide-ide pemilik usaha yang berniat untuk meraup keuntungan. Ide tersebut meliputi ide produk, strategi marketing, dan ide lainnya yang bermanfaat untuk jalannya sebuah bisnis.

Selain itu, Anda juga harus menuliskan bagaimana Anda mengeksekusi ide-ide tersebut. Anda bisa menyampaikan rencana ke depan mengenai penerapan ide dan mengembangkannya secara lebih rinci.  Rencana penerapan ide akan dijadikan acuan dalam pengembangan bisnis Anda ke depannya. Hal ini juga dapat mempermudah Anda dan tim bisnis Anda ketika akan mengeluarkan produk atau melahirkan inovasi baru. 

Cantumkan Foto Profil dan Cover yang Menarik

Foto profil merupakan representasi visual utama yang mendeskripsikan bisnis Anda. Anda harus menggunakan logo yang jelas, mudah dikenali, dan sesuai dengan estetika yang mewakili merek Anda. Adapun untuk cover photo, manfaatkan ruang tersebut untuk memperlihatkan sesuatu yang menarik perhatian, dapat berupa produk unggulan, gambaran umum bisnis Anda, atau konten visual menarik lainnya yang mendeskripsikan merek Anda.

Cantumkan Informasi Kontak yang Lengkap

Anda harus memastikan informasi kontak yang Anda sediakan sudah lengkap dan mudah untuk diakses publik. Informasi kontak ini dapat mencakup alamat email yang aktif dan mudah dijangkau, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan alamat fisik jika mempunyai toko atau kantor yang dapat didatangi.

Demikianlah ulasan mengenai tips menulis profil usaha yang dapat Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi