Golongan Penumpang yang Dapat Diskon Tiket KAI dan Cara Melakukan Pendaftaran

| 02 Nov 2023 16:03
Golongan Penumpang yang Dapat Diskon Tiket KAI dan Cara Melakukan Pendaftaran
Golongan penumpang yang dapat diskon tiket kai (unsplash)

ERA.idKereta api (KA) adalah salah satu moda transportasi yang menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Menariknya baru-baru ini diumumkan adanya golongan penumpang yang dapat diskon tiket KAI, siapa saja?

Untuk meningkatkan aksesibilitas transportasi kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan berbagai jenis diskon tiket untuk golongan penumpang tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas golongan penumpang yang berhak mendapatkan diskon tiket KA dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Golongan penumpang yang dapat diskon tiket KAI

Golongan penumpang yang berhak mendapatkan tarif diskon dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) termasuk lansia, Legiun Veteran RI, anggota TNI dan Polri, wartawan, serta civitas akademika.

Untuk memperoleh tarif reduksi, mereka perlu mendaftarkan diri di loket pelayanan konsumen (CS) KAI dan melengkapi persyaratan yang berbeda-beda tergantung pada status atau golongan mereka.

Para lansia, yang berusia 60 tahun ke atas, diwajibkan membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Anggota Legiun Veteran RI perlu menyerahkan fotokopi kartu anggota Legiun Veteran RI, sementara anggota TNI harus menyertakan fotokopi Kartu Tanda Anggota TNI atau dokumen lain yang menunjukkan status mereka sebagai siswa pendidikan TNI.

Hal yang serupa juga berlaku bagi anggota Polri yang harus menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Anggota Polri atau dokumen lain yang menunjukkan status mereka sebagai siswa pendidikan Polri.

Kemudian bagi wartawan, mereka diharuskan menyerahkan fotokopi surat tugas peliputan untuk mendapatkan tarif reduksi.

Sementara itu civitas akademika, seperti dosen dan tenaga kependidikan di berbagai universitas ternama, perlu menunjukkan fotokopi KTP dan kartu bukti diri mereka.

Setelah berkas persyaratan lengkap diajukan ke loket CS KAI dan mendapatkan nomor reduksi, penumpang yang memenuhi syarat dapat melakukan pembelian tiket melalui Access by KAI.

Daftar reduksi KAI dimana (antara)

Daftar reduksi KAI di mana?

Program reduksi tiket kereta api ditujukan kepada beberapa golongan tertentu. Diskon sebesar 20 persen untuk perjalanan dengan kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif berlaku setiap hari dan khusus bagi pelanggan yang berusia 60 tahun ke atas pada tanggal keberangkatan.

Prosedur pendaftaran untuk mendapatkan reduksi tiket kereta api adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran harus dilakukan paling lambat 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.
  • Pendaftaran dapat dilakukan di layanan Customer Service (CS) stasiun atau loket stasiun jika layanan CS tersedia.
  • Pendaftaran harus dilakukan oleh penumpang KA yang memenuhi syarat, dan mereka wajib membawa bukti identitas yang masih berlaku. Lansia harus menyertakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai dokumen identifikasi.
  • Jika diperlukan, pendaftaran juga bisa diwakilkan oleh orang lain yang membawa bukti identitas asli dan foto diri milik penumpang yang berhak mendapatkan reduksi.
  • Pendaftaran hanya perlu dilakukan sekali dan berlaku selama periode reduksi yang berlaku. Jika periode tersebut berakhir, penumpang harus melakukan pendaftaran ulang.
  • Setelah data reduksi terdaftar, penumpang berhak untuk membeli tiket di loket stasiun atau melalui aplikasi KAI Access.

Selain golongan penumpang yang dapat diskon tiket kai, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi