Dampak Mahasiswa Tidak Terdaftar di PDDikti, Salah Satunya Tak Bisa Ikut Seleksi CASN

| 21 Nov 2023 22:00
Dampak Mahasiswa Tidak Terdaftar di PDDikti, Salah Satunya Tak Bisa Ikut Seleksi CASN
Tampilan PDDikti (situs resmi PDDikti)

ERA.id - PDDikti memiliki kepanjangan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Ini adalah pangkalan data yang berisi data semua mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia. Semua mahasiswa harus dilaporkan ke PDDikti, baik mahasiswa di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Lalu, bagaimana jika mahasiswa tidak terdaftar di PDDikti? Apakah ada efek tertentu yang bisa diterima? Untuk memahaminya dengan jelas, simak penjelasan berikut yang dirangkum dari situs resmi BAKAI Universitas Medan Area.

Data di PDDikti

Ada beberapa data mahasiswa yang terkumpul di dalam PDDikti. Data-data tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Profil mahasiswa: nama lengkap dan NIM.
  • Informasi terkait program studi mahasiswa.
  • Informasi terkait perguruan tinggi tempat kuliah mahasiswa.
  • Informasi terkait profil dosen.

Pelaporan data mahasiswa ke PDDikti adalah hal yang penting dan diharuskan. Mahasiswa yang telah didata terhindar dari risiko kuliah di perguruan tinggi berstatus tidak aktif.

Tak hanya itu. Pelaporan data ke PDDikti menghindarkan mahasiswa dari risiko kesulitan mengikuti seleksi CASN dan seleksi perusahaan besar di Indonesia. Risiko ini bisa dihindari sebab semua orang dapat mengakses data mahasiswa yang telah disimpan di PDDikti sebagai instrumen pengecekan data.

Pelaporan data ke PDDikti juga menghindarkan masyarakat berkuliah di kampus yang sudah tidak aktif. Data di PDDikti menunjukan bahwa kampus terkait masih aktif atau sudah tidak aktif. Kampus yang masih aktif akan melakukan pembaruan data mahasiswa dan dosen yang ada di kampusnya.

Ilustrasi peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (antaranews)

Efek Data Mahasiswa Tidak Terdaftar di PDDikti

Kampus yang tidak disiplin dalam meng-update data mahasiswanya di situs resmi PDDikti akan merugikan mahasiswa terkait. Berikut adalah beberapa kerugian yang bisa terjadi.

1. Sulit dapat beasiswa

Beasiswa adalah program untuk mengatasi persoalan finansial mahasiswa agar bisa melanjutkan studi. Selain mahasiswa, dosen yang melanjutkan studi juga kadang mengandalkan beasiswa.

Terkait hal tersebut, lembaga pendidikan dan perusahaan swasta penyedia program beasiswa umumnya mengecek dan menelusuri data calon penerima beasiswa. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menelusuri data di PDDikti agar tidak ada beasiswa yang masuk ke kantong mahasiswa ilegal. Data mahasiswa harus terdaftar di PDDikti agar mahasiswa lebih mudah mengakses program beasiswa.

2. Sulit lakukan penelitian

Mahasiswa yang datanya tidak terdaftar di PDDikti akan mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian. Alasannya, situs PDDikti menyediakan rujukan untuk melakukan penelitian.

Sebuah kegiatan penelitian, baik oleh mahasiswa maupun dosen, melibatkan banyak pihak. Pihak-pihak tersebut bisa perguruan tinggi lain, perusahaan, atau pihak ekternal kampus lainnya.

Pihak-pihak ekternal kampus yang menjadi mitra penelitian perlu memastikan kegiatan penelitian terkait dilakukan oleh pihak terpercaya. Maka, mereka perlu mengecek data mahasiswa atau dosen terkait di PDDikti.

3. Lomba tingkat mahasiswa

Beberapa pihak atau lembaga kerap membuat lomba tertentu untuk tingkat mahasiswa. Terkait hal tersebut, penyelenggara bisa memastikan status mahasiswa peserta lomba melalui PDDikti.

Jika data mahasiswa terdaftar di PDDikti maka mahasiswa dan kampus tempatnya kuliah diyakini sebagai pihak yang diakui oleh pemerintah. Namun, jika data mahasiswa tidak terdaftar, kebenaran statusnya akan diragukan sehingga berisiko menggagalkannya mengikuti lomba.

4. Tak bisa pindah kampus

Suatu hal bisa membuat mahasiswa harus pindah kampus, misalnya mengikuti orang tua yang pindah tempat dinas atau semacamnya. Terkait hal tersebut, kampus baru yang akan jadi tujuan perpindahan akan melakukan pengecekan data mahasiswa di PDDikti. Mereka mencari tahu kebenaran status mahasiswa yang akan masuk ke kampusnya tersebut.

Jika data mahasiswa tidak terdaftar di PDDikti maka mahasiswa terkait akan ditolak oleh kampus tujuan. Mahasiswa yang tidak terdaftar akan dianggap sebagai mahasiswa ilegal sehingga tidak bisa melakukan perpindahan kampus.

5. Tak bisa ikut CASN

Ini telah disinggung sedikit sebelumnya. Mahasiswa yang tak terdaftar di PDDikti tidak bisa mengikuti seleksi CASN sebab Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan melakukan pengecekan dan pelacakan legalitas pendidikan para calon pegawainya.

Itulah berbagai informasi terkait data mahasiswa tidak terdaftar di PDDikti. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi