Arti Jogo Jagad, Gunung Bawah Laut di Pacitan yang Diakui Dunia Internasional

| 25 Nov 2023 23:00
Arti Jogo Jagad, Gunung Bawah Laut di Pacitan yang Diakui Dunia Internasional
Arti jogo jagad (antaranews)

ERA.id - Laut Selatan Jawa memiliki sebuah rahasia nan tersembunyi yang berupa keajaiban bawah laut yang begitu megah dan misterius: Jogo Jagad. Lantas apa arti Jogo Jagad?

Sebagai gunung bawah laut yang terletak di sebelah selatan Jawa, khususnya di wilayah Pacitan, Jogo Jagad menyimpan keindahan yang jarang terjamah dan kekayaan alam bawah laut yang memukau.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang arti dan keistimewaan dari Jogo Jagad, serta memahami  makna filosofis yang melekat pada keberadaannya di bawah permukaan laut Jawa.

Arti Jogo Jagad

Dilansir dari laman resmi Pemkab Pacitan, dengan mempertimbangkan filosofi yang terkandung dalam namanya, gunung bawah laut 'Jogo Jagad' diharapkan dapat menjadi simbol perlindungan dunia dari potensi bahaya dan bencana.

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menjelaskan bahwa "Nama tersebut mencerminkan doa bersama kita. Ini memiliki arti menjaga jagat, terutama jagat Pacitan."

Nama "Jogo Jagat" dipilih secara sengaja karena mengandung doa dan memiliki makna filosofi yang dalam.

Kata "Jogo", yang berasal dari bahasa Jawa, secara harfiah bermakna menjaga, sedangkan "Jagat" merujuk pada bumi atau dunia, bahkan dalam arti yang lebih luas mencakup identitas alam semesta.

"Keberadaan gunung ini merupakan doa dari kita semua agar tidak membawa dampak yang buruk. Sebaliknya, kita berharap gunung ini akan menjaga Pacitan, Jawa, Indonesia, bahkan dunia dari bencana, bahaya, dan sejenisnya," ungkap bupati muda yang akrab disapa Aji.

Jogo Jagat Diakui Dunia Internasional (Antara)

Diakui Dunia Internasional

Gunung bawah laut di wilayah perairan selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, secara resmi mendapatkan nama "Jogo Jagad" setelah mendapatkan persetujuan secara internasional.

Nama ini disahkan dalam sidang ke-36 Sub-Committee on Undersea Features Names (SCUFN) yang berlangsung pada 6-10 November di Wollongong, New South Wales, Australia.

Pengumuman disampaikan melalui akun resmi Badan Informasi Geospasial di Twitter pada Rabu (22/11). Salah satu hasil keputusan sidang tersebut adalah persetujuan untuk menetapkan nama "Jogo Jagad" sebagai identitas gunung bawah laut yang ditemukan oleh Pusat Penelitian Kelautan dan Perikanan Badan Informasi Geospasial (ppklp.big) di perairan selatan Jawa pada tahun lalu.

Pemerintah Kabupaten Pacitan sebelumnya mengajukan nama 'Jogo Jagad' untuk gunung bawah laut yang terletak di perairan Kota 1001 Gua.

Usulan Pemkab Pacitan tersebut muncul sebagai respons terhadap permintaan Badan Informasi Geospasial (BIG) agar pihak berwenang setempat mengusulkan nama untuk objek yang baru ditemukan dari dasar laut.

Jogo Jagad sendiri ditemukan di perairan Pacitan, berjarak sekitar 200 kilometer barat daya dari Kota 1001 Gua.

Dengan ketinggian mencapai 2.300 meter dari dasar laut yang memiliki kedalaman mencapai 6.000 meter, gunung bawah laut ini memiliki garis tengah sekitar 10 kilometer. Puncaknya terletak antara 3 hingga 4 kilometer dari permukaan air. Sejauh ini, tidak terdeteksi tanda-tanda aktivitas vulkanis dari gunung bawah laut Pacitan.

Selain , ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi