Daftar Panelis Debat Pertama Capres-Cawapres Pemilu 2024, Saat Ini Menjalani Karantina

| 11 Dec 2023 15:05
Daftar Panelis Debat Pertama Capres-Cawapres Pemilu 2024, Saat Ini Menjalani Karantina
Ilustrasi panelis debat (freepik)

ERA.id - Debat pertama untuk pasangan capres-cawapres 2024 dilaksanakan pada Selasa, 12 Desember 2023, di Kantor KPU, Jakarta. KPU RI telah merilis daftar panelis debat pertama capres-cawapres yang jumlahnya 11 orang.

Menurut Komisioner KPU, August Mellaz, para panelis adalah orang-orang yang kompeten di bidangnya.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi. (Mereka-red) yang menjadi panelis untuk debat yang pertama," terang August di Kantor KPU, Sabtu (9/12/2023).

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, bersama ketiga pasangan capres-cawapres saat Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di kompleks Kantor KPU, Jakarta(antaranews)

Daftar Panelis Debat Pertama Capres-Cawapres

Sebelas orang yang menjadi panelis debat pertama menjalani karantina sejak Minggu (10/12/2023) hingga hari pelaksanaan debat. Mereka akan merumuskan berbagai pertanyaan untuk nantinya diajukan kepada para peserta debat.

Tema yang diangkat dalam debat pertama seputar pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), dan pemberantasan korupsi. Debat juga akan membahas penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Berikut adalah 11 panelis debat pertama capres-cawapres 2024.

1.    Mada Sukmajati (pakar ilmu politik dari Universitas Gadjah Mada/UGM)

2.    Rudi Rohi (pakar Ilmu politik dari Universitas Nusa Cendana Kupang/Undana)

3.    Lita Tyesta (ahli hukum tata negara dari Unversitas Dipenogoro/Undip)

4.    Khairul Fahmi (pakar hukum dari Universitas Andalas/Unand)

5.    Agus Riewanto (pakar hukum tata negara dari Universitas Sebelas Maret Surakarta/UNS)

6.    Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara dari Universitas Padjadjaran/Unpad)

7.    Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Hukum di Universitas Jember/Unej)

8.    Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM periode 2017—2020)

9.    Al Makin (Guru Besar Studi Agama di UIN Sunan Kalijaga).

10. Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

11.  Wawan Mas'udi (pakar politik, Dekan Fisipol UGM).​

Karantina Panelis Debat Capres-Cawapres

Komisioner KPU, August Mellaz, menjelaskan bahwa KPU RI menerapkan karantina terhadap 11 panelis debat pertama capres-cawapres Pemilu 2024 dengan konsep yang tidak jauh berbeda dengan debat Pemilu 2019. Para panelis Pemilu 2024 menjalani karantina pada 10—12 Desember 2023.

"Konsep karantinanya tidak jauh berbeda dengan periode-periode sebelumnya, jadi yang jelas, setelah kesediaan itu, KPU melakukan penetapan. Membuat SK (surat keputusan) bahwa nama-nama panelis ini akan menandatangani pakta integritas," jelas August dalam keterangan pers, Minggu (10/12/2023).

Menurut August, para panelis akan menandatangani pakta integritas sebab ada beberapa quote of conduct yang mesti disepakati. Selain itu, termasuk penetapan atau SK untuk moderator.

"Kalau karantina, kami akan diskusikan tema besarnya dan kemudian bagaimana rumusan-rumusan pertanyaan. Termasuk bagaimana tata kelola dari pertanyaan-pertanyaan yang nanti dirumuskan oleh para panelis di situ," terangnya.

Dia memastikan bahwa tidak ada komplain dari semua timses paslon capres-cawapres terhadap 11 nama penelis debat. Selain itu, rapat telah dilakukan oleh KPU hampir setiap hari untuk mempersiapkan debat capres-cawapres.

"Sebelumnya, kami sudah sampaikan, nama-nama (panelis) inikan, sebenarnya tidak berubah. Tidak banyak mengalami perubahan dibandingkan yang sudah pernah kami sampaikan," lanjutnya Mellaz.

Itulah daftar panelis debat pertama capres-cawapres dan tema yang akan diangkat dalam debat. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi