Profil Ustadz Syafiq Riza Basalamah yang Pengajiannya Dibubarkan GP Ansor

| 23 Feb 2024 17:45
Profil Ustadz Syafiq Riza Basalamah yang Pengajiannya Dibubarkan GP Ansor
Ustaz Syafiq Riza Basalamah (YouTube)

ERA.id - Baru-baru ini, Ustadz Syafiq mengalami pengalaman tidak menyenangkan saat pengajiannya di Surabaya dibubarkan oleh GP Ansor. Peristiwa ini tentu menimbulkan pertanyaan tentang profil Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Dalam artikel ini, kita akan membahas profil Ustadz Syafiq, termasuk latar belakang pendidikannya, gaya dakwahnya, serta kontroversi yang pernah dialaminya.

Profil Ustadz Syafiq Riza Basalamah

  1. Awal Mula Populer

Ustaz Syafiq Riza Basalamah adalah seorang penceramah, penulis buku, dan dosen yang lahir pada tanggal 15 Desember 1997 di Jember, Jawa Timur. Selain itu, Basamalah juga merupakan anggota Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad.

Popularitas Basalamah meroket ketika Syafiq Riza Basalamah aktif membagikan ceramah-ceramahnya melalui media sosial dan kanal YouTube.

Kehadiran Basalamah di platform digital telah membuat banyak orang mengenal dan mengapresiasi kontribusinya di bidang dakwah dan pengetahuan agama.

  1. Berpendidikan Tinggi

Ustaz Syafiq Riza Basalamah menempuh pendidikan di Pesantren Al Irsyad al Islamiyyah Bondowoso pada tahun 1996, yang melibatkan tingkat MTsN sejak 1993 dan MAN sejak 1996. Selanjutnya, beliau menyelesaikan Program D1 di LIPIA Jakarta pada tahun 1998.

Pendidikan selanjut Basalamah adalah Syu’batul Lughah (Program Bahasa) di Universitas Islam Madinah, yang berhasil diselesaikannya pada tahun 1999. Prestasi pendidikan Ustaz Syafiq terus bertambah dengan tamat Cumlaude pada jenjang S-1 Fakultas Da’wah Dan Usuluddin, Universitas Islam Madinah, pada tahun 2003.

Basalamah kemudian melanjutkan pendidikan tinggi dengan meraih gelar S-2 di Jurusan Da’wah Fakultas Da’wah Dan Usuluddin, Universitas Islam Madinah, pada tahun 2007, juga dengan predikat Cumlaude.

Dedikasi pendidikan Basalamah yang tinggi terlihat dari pencapaian gelar S-3 di Jurusan Da’wah, Fakultas Da’wah Dan Usuluddin, Universitas Islam Madinah, pada tahun 2013, dengan predikat Cumlaude.

  1. Sudah Ditolak GP Ansor Surabaya

Massa dari PAC GP Ansor Gunung Anyar sebelumnya telah mengirim surat yang menyatakan keberatannya terhadap kehadiran Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Sebelumnya, PAC GP Ansor dan Banser Gunung Anyar telah menolak kedatangan Ustaz Riza Basalamah, menyampaikan keberatan atas acara Tabligh Akbar di Masjid Assalam Purimas Kota Surabaya.

  1. Sudah Ada Kesepakatan dengan GP Ansor

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Surabaya, M Asyiqun Nahdli, menegaskan bahwa pada pertemuan sebelumnya, telah ada kesepakatan yang disaksikan oleh sejumlah pihak.

Sudah Ada Kesepakatan dengan GP Ansor (x)

Dalam pertemuan tersebut, ada 3 poin terlampir yang telah disepakati bersama panitia:

  1. Pihak Yayasan dan Masjid As Salam Surabaya bersedia meniadakan Ustaz Riza Basalamah sebagai pemateri, dengan pertimbangan untuk menjaga suasana kondusif di lingkungan Gunung Anyar.
  2. Kegiatan tetap dilaksanakan dengan berpedoman pada pelaksanaan salat berjamaah.
  3. Pihak Ansor dan Banser berkomitmen untuk tetap mendampingi yayasan dan takmir Masjid As Salam dalam rangka melaksanakan kegiatan syiar agama sesuai dengan kaidah agama Islam yang mengutamakan prinsip Rahmatan Lil Alamin.

Ternyata, pembubaran yang berlangsung ricuh itu disebabkan oleh adanya pelanggaran kesepakatan yang telah dibuat antara jemaah dan Ustaz Syafiq Riza Basalamah dengan warga Nahdlatul Ulama (NU) di wilayah tersebut.

Padahal kedua pihak sebelumnya telah bersepakat untuk membatalkan pengajian yang menghadirkan Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Selain profil ustadz syafiq riza basalamah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi