Pegawai di Cabang Rutan KPK Tak Terima Titipan Apapun dari Pengunjung Tahanan

| 09 Apr 2024 13:00
Pegawai di Cabang Rutan KPK Tak Terima Titipan Apapun dari Pengunjung Tahanan
Ilustrasi tahanan di rutan KPK (Dok. Biro humas KPK)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan para pegawai di Cabang Rutan KPK tak menerima pemberian apapun dari pengunjung tahanan.

Hal itu tercantum dalam Maklumat Layanan Cabag Rutan KPK yang diterbitkan oleh KPK. Pemberitahuan tersebut sebagai bentuk komitmen menjadi rutan yang berintegritas dan optimal.

 "Jajaran Cabang Rutan KPK berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan hati sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. Tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun baik uang, barang dan/atau fasilitas lainnyaa dari para pengunjung tahanan, keluarga tahanan, penasihat hukum tahanan dan/atau orang lain yang berhubungan dengan tahanan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/4/2024).

KPK pun meminta dukungan dan kerja sama seluruh pihak dimaksud untuk tidak memberikan imbalan dan/atau pemberian dalam bentuk apapun kepada jajaran petugas Cabang Rutan KPK atas pelayanan yang telah diberikan.

"Kami berpesan bila masyarakat mendapati adanya oknum Cabang Rutan KPK yang meminta, memeras dan/atau memaksa untuk memberikan sesuatu dapat segera melaporkan ke Pengaduan Masyarakat KPK di Nomor Telepon KPK 021-25578300, Cal Center 198, Website: http://kws.kpk.go.id, Email ke [email protected] atau WhatsApp 0811-959-575," jelas Ali. 

"Oleh karenanya, untuk mewujudkan pelayanan Cabang Rutan KPK yang berintegritas dan optimal, butuh komitmen bersama antara jajaran petugas dan seluruh pihak, termasuk pengunjung rutan," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, KPK membuka layanan bagi keluarga inti para tahanan saat perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah. Mereka dapat melakukan kunjungan dan mengirimkan makanan untuk tahanan yang mendekam di Rutan KPK.

Pada Lebaran 2024, kebijakan yang berlaku sebagai berikut:

Jadwal kunjungan:

Rabu (10/4) / 1 Syawal 1445 H dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Kamis (11/4) 2 Syawal 1445 H dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Sementara itu, untuk jadwal penerimaan makanan dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 09.30 WIB.

Rekomendasi