Kenapa Pintu Pesawat Ada di Sebelah Kiri? Ternyata Begini Penjelasannya

| 10 Jun 2024 21:02
Kenapa Pintu Pesawat Ada di Sebelah Kiri? Ternyata Begini Penjelasannya
Kenapa pintu pesawat ada di sebelah kiri? (Freepik)

ERA.id - Mungkin pernah terlintas pertanyaan dalam benak Anda, kenapa pintu pesawat ada di sebelah kiri. Nah, tahukan Anda, ternyata ada alasan cerdas dan menarik mengapa penumpang selalu masuk pesawat dari sebelah kiri.

Sebenarnya, apa alasannya dan bagaimana sejarahnya? Mungkin tidak semua orang tahu atau menyadari, kenapa pintu pesawat ada di sebelah kiri. Berbeda dengan kendaraan lain seperti mobil atau kereta yang terdapat pintu di sebelah kanan dan kiri.

Kenapa Pintu Pesawat Ada di Sebelah Kiri?

Pada awalnya, hal tersebut berasal dari tradisi maritim, mengutip Mirror, Michael Oakley, redaktur pelaksana The Aviation Historian menjelaskan alasan dan sistemnya. Dia menyebutkan, pesawat komersial pada mulanya dirancang dengan pintu penumpang di sebelah kiri karena mengikuti tradisi.

Hal itu sebagian besar karena terminologi penerbangan berasal dari pengetahuan maritim atau kapal laut.

Ilustrasi pesawat. (Foto via Antara/HO Humas)

“Kemudi, kokpit, kabin, sekat, simpul, dan demikian pula, cara-cara penerbangan dalam melakukan sesuatu banyak dipengaruhi oleh pelayaran,” kata Michael.

Menurut Michael, seperti halnya perahu dan kapal yang memiliki sisi kiri, maka pesawat pun juga sama. Sisi kiri kapal yang umumnya berdekatan dengan dermaga saat berada di pelabuhan.

“Secara masuk akal, orang-orang memutuskan untuk terus naik dari sisi kiri,” jelasnya. Sementara itu, Dan Bubb, profesor di Universitas Nevada, Las Vegas mengungkapkan, para pelaut menjalankan kapal dengan dayung di sisi kanan sebab pada umumnya kebanyakan orang tidak kidal.

Oleh sebab itu, saat kapal masuk ke pelabuhan, kapal akan ditumpangi di sisi kiri. “Itu tetap menjadi tradisi menaiki saat pesawat membawa penumpang,” jelasnya. Perahu dirancang demikian sebab dayung kemudi diposisikan di sisi kanan kapal.

Sementara itu, dilansir aircraftnerds.com, pilot Angkatan Udara Amerika Serikat mengungkapkan, bandara-bandara mulanya dirancang sedemikian rupa sehingga pesawat bisa meluncur di dekat terminal, berhenti dan menaikkan atau menurunkan penumpang.

Sejak dulu, pilot duduk di kursi kiri kokpit. Menjaga pintu boarding di sisi kiri pesawat menjadikan pilot mudah untuk menilai jarak ujung sayap dari gedung terminal.

Sisi Kanan Pesawat untuk Layanan Bongkar Muat, Dll

Selain itu, saat penumpang naik atau turun dari pintu kiri, sisi kanan pesawat dimanfaatkan untuk layanan seperti pengisian bahan bakar, bongkar muat, dan lain-lain. Tentunya hal ini bertujuan untuk menghemat waktu penumpang dan staf bandara.

Namun, pada tahun 1930an dan 40an, United Airlines sempat menempatkan pintunya di sebelah kanan. Namun, seiring dengan semakin banyaknya orang yang memilih pesawat untuk bepergian jarak jauh, pintu pesawat pun akhirnya diposisikan di sebelah kiri. Hal ini karena dinilai menjadi lebih mudah dan efisien jika setiap orang menaiki pesawat yang berbeda di sisi yang sama dan melalui terminal yang sama.

Penjelasan lain juga disampaikan dalam akun Instagram Angkasa Pura I. Pada akun tersebut dijelaskan bahwa pintu pesawat diposisikan di sebelah kiri untuk memisahkan aktivitas penumpang dan kru di luar pesawat. Alasan lainnya, yaitu supaya penumpang terpisah dengan barang-barang yang tersimpan dalam bagasi pesawat.

Demikianlah ulasan tentang kenapa pintu pesawat ada di sebelah kiri. Bagaimana menurut Anda?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi