Cara Berkurban Fadli Zon Dibandingkan dengan Kader PKS

Tim Editor

Fadli Zon berkurban (Twitter)

ERA.id - Cara menyembelih hewan kurban dari Fadli Zon, saat Iduladha, banyak disorot warganet. Setelah itu, akhirnya politisi dari Gerindra itu menghapus videonya dan menggantinya dengan mengunggah foto menyembelih saja.

Dalam unggahan yang ramai dibincangkan sejak kemarin, Sabtu (1/8/2020), Fadli memang menulis bahwa dirinya baru pertama kali menyembelih hewan kurban.

Tentu saja banyak perdebatan dari unggahan itu. Ada yang membela bahwa yang dilakukan Fadli adalah sebuah pembelajaran awal. Tak mencoba, maka takkan pernah tahu bagaimana cara berkurban.

Ada juga yang berkeras, bahwa cara Fadli Zon menyembelih hewan sungguh keterlaluan. Bagaimanapun, daging itu sudah dijatuhi haram untuk dikonsumsi. Alasannya sederhana, ada penyiksaan dan aniaya hewan dalam video Fadli.

"Kurban bukan untuk tempat belajar," sanggah seorang warganet.

Dalam video itu, memang terlihat golok Fadli agak lama memotong urat leher sapi. Jadinya, Fadli tidak satu kali menarik golok, melainkan mesti beberapa kali menggesek leher sapi, barulah urat leher sapi itu putus.

"Motongnya Harus satu tarikan bang, terangkat pisau ndari leher bisa gak sah hwan qurbannya! coba perhatikan videonya kembali. Maaf sekedar mengingatkan! Bukan benci ya."

Tak sampai beberapa lama, kader PKS, Salim A Fillah yang juga dikenal sebagai penulis dan pendakwah ini, mengunggah video saat dirinya menyembelih hewan. Dalam video itu, Salim terlihat santai menyembelih dan sekali tarik dengan kekuatan berpadu dengan pisau yang tajam.

"Sesungguhnya Allah mewajibkan ihsan dalam segala hal. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaklah mempertajam pisaunya dan menggembirakan sembelihannya." (HR. Muslim)," tulis Salim.

Cuitan ini langsung direspons sebuah akun anonim dengan membandingkan video Fadli Zon. "Gini yang benar."

Tag: hari raya idul adha hewan kurban

Bagikan :