Rizieq Shihab Mengeluh Tak Pernah Dapat Sembako dan BLT, Faktanya

Tim Editor

Rizieq Shihab (Commons Wikimedia)

ERA.id - Beredar tangkapan layar sebuah status yang dituding dibuat oleh Rizieq Shihab di Twitter. Isinya yakni "Rezim ini sunguh terlalu. Ane gak pernah kebagian bantuan sembako atau BLT selama ini. Apa namanya kalau bukan kriminalisasi ulama?" 

Tangkapan layar itu disebar oleh akun Yoga Howedes di sebuah grup Facebook. Dengan keterangan, "Kasian beliau. Nampaknya sudah habis bekal di Arab sana. Gak bisa demo lagi. Mau jadi WTS juga takut ditangkap folisi Arab." 

Setelah ditelusuri tim Cek Fakta, klaim adanya gambar tangkapan layar postingan dari akun dengan nama Habib Rizieq.S (@HRSofficial) yang menyatakan bahwa dia tidak pernah kebagian bantuan sembako atau BLT selama ini, adalah hoaks atau kabar palsu.

Faktanya, gambar itu adalah gambar editan atau suntingan yang dibuat sedemikian rupa untuk menjatuhkan Rizieq. Di Twitter tidak ditemukan unggahan terkait. Akun Twitter dengan nama pengguna @HRSofficial (twitter.com/hrsofficial) tidak terkait dengan Habib Rizieq.

Dilansir dari Medcom.id, pada akun itu juga tidak ada kaitannya dengan Habib Rizieq dan akun itu tidak bercentang biru. Kemudian, akun itu juga terlihat tidak aktif. Jika dihitung hingga 19 September 2020, unggahan terakhirnya dibuat pada 10 April 2012.

Tag: cek fakta

Bagikan: