Niat Prabowo Buat Patung Bung Karno Naik Kuda

Tim Editor

    Prabowo Subianto (Antara)

    Jakarta, era.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memuji langkah TNI Angkatan Darat, khususnya Akademi Militer (Akmil), yang membuat patung Bung Karno. 

    "Saya mengapresiasi, memberikan penghargaan kepada Gubernur Akmil, KSAD (Jenderal Andika Perkasa) yang merintis itu," kata Prabowo di kompleks Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020).

    Ia berniat melakukan hal serupa yakni membuat patung Bung Karno sedang menunggang kuda. "Saya juga sampaikan, Kementerian Pertahanan juga punya rencana membikin patung Bung Karno tetapi di atas kuda," ucap Prabowo.

    Menurut dia, hal ini serius sekaligus ada alasannya kenapa di atas kuda.

    "Ini penting. Karena ulang tahun angkatan perang pertama, berarti ulang tahun TNI yang pertama. Itu Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi inspeksi pasukan. Menjadi irup di atas kuda. Jadi, ini fakta sejarah yang ingin kita abadikan untuk generasi penerus," kata mantan Danjen Kopassus ini.


    Bung Karno Naik Kuda (Dok. Twitter @imanbr)

    Dia pun lantas meminta izin kepada Megawati yang duduk di sampingnya.

    "Ya, nanti Kemhan akan punya patung Bung Karno di atas kuda. Izin Bu. Ada sejarah Bu," kata Prabowo seperti dikutip dari Antara.

    Megawati pun tersenyum dan membenarkan ucapan Prabowo memang sesuai dengan sejarah. "Iya betul," balas presiden kelima RI itu.

    Peristiwa itu terjadi saat Upacara Peringatan Hari Angkatan Perang di Yogyakarta pada 5 Oktober 1946. Soekarno memerintahkan Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Jenderal Sudirman untuk menggelar upacara besar-besaran untuk memperingati Hari Angkatan Perang di Alun-alun Yogyakarta. Waktu itu, Yogyakarta masih berstatus sebagai Ibu Kota Negara. Salah satu proses acara tersebut adalah inspeksi pasukan oleh Presiden Bung karno dengan menunggang kuda.

     

    Tag: bung karno

    Bagikan :