Nusantara dalam Secangkir Kopi
Nusantara dalam Secangkir Kopi

Nusantara dalam Secangkir Kopi

By Hari Kurniawan | 01 Feb 2018 18:05
Jakarta, era.id – Apa yang ada di pikiran kamu saat ditanya tentang kopi di Indonesia? Yup, pastinya beragam! Dari Sabang sampai Merauke ada 180 desa pengasil kopi. Indonesia masuk peringkat empat dunia sebagai negara penghasil kopi terbesar setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Salah satu tenant yang ikut meramaikan Festival Kopi "Nusantara Dalam Sengkir Kopi" (Reza M/Era.id)

Nah, pengetahuan tentang kopi Indonesia dikemas dalam sebuah Festival Kopi dengan tema “Nusantara dalam Secangkir Kopi”. Festival ini menyajikan lebih dari 48 jenis kopi di Indonesia dan menghadirkan langsung 21 tenant yang berasal dari Koperasi Komunitas Kopi Indonesia. Uniknya ada kopi yang dikemas dalam kapsul yang tujuannya agar lebih bisa bersaing di pasar internasional.

Berbagai varian kopi dipamerkan oleh 21 tenant yang ikut dalam event ini (Jane S/Era.id)

Ada talkshow yang bias mengedukasi kita tentang keberagaman kopi di Nusantara dan masalah-masalah kopi yang harus kita selesaikan bersama. Salah satu yang ironis adalah banyaknya petani yang tidak bias minum kopinya sendiri. Makanya pengembangan teknologi pasca panen jadi hal yang harus dilakukan para pemangku kepentingan.Tapi milenial seperti kalian juga punya cara kok untuk membantu perkembangan industri kopi di Indonesia.

Salah seorang peserta melakukan demo brewing (Reza M/Era.id)

“Terus penasaran dengan rasa kopi kalian.Temukan cara ngopi yang enak di momen yang seperti apa. Dengan begitu keberagaman yang kita punya sekarang, kalian bias manfaatkan itu untuk di momen-momen tertentu yang akhirnya juga membuat banyak kreasi-kreasi kopi yang bias dihadirkan dari rasa penasaran yang tadi”, tutur Andanu Prasetyo, pemilikToko Kopi Tuku.

Mau tau keseruannya? Simak video berikut yuk!

Tags :
Rekomendasi
Tutup