Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Zat Tunggal dan Contohnya

| 26 Nov 2022 07:25
Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Zat Tunggal dan Contohnya
Ilustrasi garam (unsplash)

ERA.id - Anda pasti memiliki banyak referensi saat diminta memberikan contoh benda padat, benda cair, dan benda gas. Namun, Anda mungkin akan bingung saat diminta memberikan contoh zat tunggal. Bahkan, apa yang dimaksud dengan zat tunggal pun mungkin tidak terlalu paham.

Dikutip Era dari Gramedia, zat tunggal merupakan materi yang terdiri atas satu jenis materi. Dalam sains, zat tunggal disebut juga sebagai zat murni sebab zat tersebut terdiri atas atom-atom dengan jenis kimiawi yang sama, misalnya adalah oksigen (O2) dan besi (Fe).

Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Zat Tunggal

Ilustrasi tabel periodik (unsplash)

Dikutip dari Super Complete Kelas 4, 5, 6, 7 SD/MI, zat tunggal memiliki pengertian zat yang sifat materinya tidak bisa diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana sebab zat tersebut tersusun dari materi itu sendiri.

1.    Karakteristik zat tunggal

·         Sebagian besar bersifat homogen dan mengandung satu jenis atom atau molekul.

·         Memiliki komposisi konstan atau seragam pada seluruh bagiannya.

·         Memiliki titik didih dan titik leleh tetap.

·         Biasanya punya peran dalam suatu reaksi kimia untuk membentuk produk yang bisa diprediksi.

2.    Apa perbedaan zat tunggal dan zat campuran?

Melihat perbedaan zat tunggal dan zat campuran juga bisa dilihat berdasarkan beberapa hal. Simak uraian berikut untuk lebih jelasnya.

·         Pemisahan aat

Zat tunggal terdiri atas satu zat dan tidak bisa dipisahkan menjadi zat lain, sedangkan zat campuran masih bisa dipisahkan menjadi beberapa zat murni. Ada hal yang menyebabkan perbedaan tersebut. Zat tunggal punya sifat fisik dan kimia jelas, sedangkan zat campuran punya sifat yang berbeda, tergantung proporsi zat murni pada masing-masing campuran dan lokasi percampuran.

·         Jumlah atom

Zat tunggal bisa berupa unsur dari satu jenis atom atau senyawa dari molekul yang mencakup beberapa unsur. Sementara, zat campuran terdiri atas dua atau lebih atom, bisa homogen atau heterogen, tergantung seberapa halus komponen pembentuknya.

·         Unsur dan senyawa

Unsur adalah zat tunggal, sedangkan senyawa merupakan kombinasi dari dua atau lebih unsur dan bisa juga murni. Zat seperti unsur dan senyawa jarang ditemukan dalam bentuk murni sebab umumnya telah terkontaminasi oleh lingkungan, wadah, atau cara produksinya.

Senyawa terdiri atas lebih dari satu zat tunggal. Senyawa tidak sama dengan zat campuran sebab tidak bisa dipisahkan, kecuali dengan cara kimia. Sementara, zat campuran bisa dipisahkan dengan proses fisik.

Contoh Zat Tunggal dan Zat Campuran

Setelah Anda paham dengan maksud dari pengertian zat murni dan perbedaannya dengan zat campuran, Anda tidak akan bingung untuk menyebutkan contohnya. Itu karena zat murni bisa ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

1.    Contoh zat tunggal

·         Emas 24 karat

·         Tembaga pada kabel

·         Oksigen

·         Klorin: bahan untuk memutuhkan pakaian

·         Garam

·         Soda kue (sodium bikarbonat)

2.    Contoh zat campuran

·         Nitrogen di atmosfer

·         Minyak yang digunakan untuk menggoreng

·         Campuran padat dan cair, misalnya pasir dan air

·         Campuran lain, misalnya air dan kental manis

Itulah penjelasan dari apa yang dimaksud dengan zat tunggal dan perbedaannya dengan zat tunggal. Selain itu, diketahui kemudian jika ternyata sebagian besar benda di sekitar kita merupakan zat tunggal.