Jelaskan Apa yang Dimaksud Single Parent dan Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua Tunggal

| 25 Feb 2024 09:45
Jelaskan Apa yang Dimaksud Single Parent dan Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua Tunggal
Ilustrasi (unsplash)

ERA.idSingle parent dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti perceraian, kematian pasangan, atau pilihan pribadi. Menjadi single parent merupakan sebuah perjalanan yang penuh dengan tantangan dan keunikan.

Mari kita jelajahi lebih dalam tentang dunia single parent dan bagaimana mereka menjalani kehidupan yang penuh dengan inspirasi.

Jelaskan Apa yang Dimaksud Single Parent!

Single parent atau orang tua tunggal adalah istilah yang merujuk kepada orang tua yang membesarkan anak tanpa pasangan.

Dilansir dari Psychology Today, banyak penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara anak-anak dari ibu tunggal dan anak-anak dari tipe keluarga lainnya.

Salah satu penelitian mengamati kehidupan anak-anak dari berbagai jenis rumah tangga—dua orang tua kandung, adopsi, ayah tiri, ibu tiri, orang tua tunggal—dan ternyata, tipe rumah tangga tidak berpengaruh.

Selain itu, nilai pelajaran yang didapatkan anak, hubungan dengan saudara dan teman, hampir sama di semua rumah tangga.

Dalam survei yang melibatkan para remaja yang tinggal di sembilan jenis rumah tangga, ditemukan: mereka yang tinggal dengan orang tua tunggal dan dibesarkan dalam keluarga multigenerasi melaporkan tingkat kesejahteraan tertinggi dari semua disurvei.

Tips Menjadi Single Parent (unsplash)

Tips Menjadi Single Parent

Menjadi orang tua tunggal dan membesarkan anak-anak agar bahagia dan sukses membutuhkan keterampilan yang luar biasa. Anda harus mengurus berbagai aspek kehidupan, dari rumah tangga dan pekerjaan, hingga keuangan, dan banyak lagi.

Semua orang tua menghadapi tantangan serupa, tetapi untuk orang tua tunggal, tantangan itu lebih berat. Berikut ini beberapa langkah yang dapat membantu Anda:

  • Tetapkan aturan rumah bersama anak. Libatkan mereka dalam diskusi untuk menciptakan rasa kepemilikan dan tanggung jawab.
  • Berikan perhatian penuh kepada setiap anak. Luangkan waktu khusus berbincang berdua, minimal 10 menit setiap hari, untuk mempererat hubungan dan memahami mereka.
  • Tetapkan batasan yang jelas dan konsisten. Batasan ini untuk membantu anak-anak merasa aman dan terstruktur.
  • Jadilah orang tua yang konsisten dan adil. Anak-anak membutuhkan figur orang tua yang dapat diandalkan dan dipercaya.
  • Buat jadwal dan rutinitas. Ini mungkin terdengar membosankan, tetapi sangat membantu anak-anak merasa nyaman dan terorganisir.
  • Kurangi ekspektasi Anda dan lupakan kesempurnaan. Sebagai orang tua tunggal, tidak perlu memaksakan diri menjadi sempurna.
  • Hilangkan rasa bersalah, merasa menjadi korban, dan merasa seperti pahlawan. Fokuslah pada kekuatan dan kemampuan Anda.
  • Abaikan penilaian orang lain. Yang terpenting adalah kebahagiaan dan perkembangan anak Anda.
  • Cari dukungan melalui penitipan anak yang baik, teman, keluarga, dan tetangga. Jaringan dukungan yang kuat akan sangat membantu Anda.
  • Jika memungkinkan, jalin hubungan baik dengan mantan pasangan. Ini akan menciptakan lingkungan yang lebih positif untuk anak-anak.
  • Prioritaskan perawatan diri. Makan makanan sehat, berolahraga, cukup tidur, dan meditasi. Jika perlu, luangkan waktu untuk terapi dengan ahli keluarga.

Untuk membesarkan anak-anak yang sukses dalam bentuk keluarga single parent, stabilitas dan keamanan sangatlah penting. Orang tua tunggal dapat membantu menciptakan lingkungan seperti itu dengan mengembangkan jaringan pendukung yang terdiri dari teman, kerabat, dan tetangga, atau orang-orang yang peduli.

Selain jelaskan apa yang dimaksud single parent, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi