Apa Itu Berpikir Komputasional? Pemecahan Masalah secara Logis dan Terukur seperti Ilmu Komputer

| 04 Apr 2024 22:05
Apa Itu Berpikir Komputasional? Pemecahan Masalah secara Logis dan Terukur seperti Ilmu Komputer
Ilustrasi berpikir komputasional (Freepik)

ERA.id - Metode berpikir komputasional sangat penting dipelajari di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Di masa-masa sekarang, banyak persoalan yang dapat diselesaikan dengan sistem kerja teknologi atau prinsip-prinsip dalam IT. 

Berpikir komputasional sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai masalah secara komprehensif dan penuh perhitungan. Computational thinking mengajarkan bahwa teknik ilmu komputer (informatika) bisa diterapkan dalam pemecahan masalah dan untuk membuat keputusan. 

Metode berpikir komputasional harus dipelajari sejak sedini mungkin. Dengan melakukan computational thinking, individu terlatih untuk berpikir kritis, kreatif, dan problem solving dalam menangani sebuah masalah. Lantas apa itu berpikir komputasional dan konsep penerapannya?

Apa Itu Berpikir Komputasional?

Berpikir komputasional adalah metode berpikir menggunakan prinsip ilmu komputer untuk memecahkan masalah. Konsep-konsep informatika bisa diterapkan ketika menangani sebuah masalah, baik untuk mencari solusi maupun pengambilan keputusan. 

Dalam bahasa Inggris, metode berpikir komputasional dikenal juga dengan istilah computational thinking (CT). Penggunaan istilah computational thinking pertama kali dimunculkan oleh Seymor Papert pada tahun 1980. 

Penerapan computational thinking mengadaptasi cara kerja atau pemikiran komputer. Konsep-konsep dalam ilmu komputasi bisa diterapkan untuk melihat dan menganalisis sebuah permasalahan. Misalnya konsep pemecahan masalah secara sistematis, desain algoritma, dan analisis data. 

Banyak orang salah kaprah mengira computational thinking adalah selalu penggunaan teknologi untuk menyelesaikan masalah. Padahal poinnya bukan pada pemakaian alatnya, namun mengadaptasi cara kerja dari ilmu komputer. 

Seperti yang diketahui, sistem komputer melibatkan cara kerja yang terstruktur dan efisien. Selain itu, konsep informatika juga dirancang untuk mengelompokkan masalah yang kompleks menjadi bagian kecil dan lebih mudah dikelola. Sistem kerja ini sangat berguna dalam berbagai industri dan disiplin ilmu. 

Ilustrasi berpikir komputasional (Freepik)

Konsep Berpikir Komputasional

Dalam computational thinking, ada beberapa konsep yang harus dilakukanu untuk berpikir komputasional, Konsep dalam berpikir komputasional terdiri dari beberapa langkah berikut ini:

Dekomposisi

Dekomposisi (decomposition) adalah langkah dalam memecahkan masalah yang rumit dengan membaginya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah diatasi. 

Dengan memisahkan masalah menjadi komponen yang lebih kecil, kita dapat mengenali aspek mana yang memerlukan penyelesaian, sehingga mempermudah dan mengatur proses pemecahan masalah.

Pengenalan Pola 

Pengenalan Pola (pattern recognition) adalah keahlian untuk mengenali corak dan keserupaan dalam data atau persoalan. Dalam konteks pemikiran komputasi, kemampuan ini membantu kita menemukan algoritma atau teknik yang paling optimal untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan.

Abstraksi

Abstraksi (abstraction) merujuk pada kemampuan untuk mengekstrak esensi dari sebuah persoalan dan mengesampingkan detail-detail yang tidak relevan. Dalam pemikiran komputasi, abstraksi membantu kita fokus pada aspek penting dari sebuah persoalan dan mencari solusi dengan lebih efisien.

Perancangan Algoritma

Perancangan algoritma (algorithm design) adalah proses merancang langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah persoalan. Dalam pemikiran komputasi, langkah ini menjadi krusial karena memastikan bahwa solusi yang dihasilkan dapat menangani segala kemungkinan dan diselesaikan dengan efisiensi. 

Manfaat Berpikir Komputasional

Berpikir komputasional sangat penting dipelajari, termasuk bagi anak-anak. Berikut ini sejumlah manfaat dari berpikir komputasional:

  • Mengasah otak supaya terbiasa berpikir secara matematis, logis, terstruktur, dan kreatif.
  • Melatih kemampuan dalam menganalisis permasalahan yang kompleks dan terlatih memecahkan permasalahan besar secara efektif dan efisien.
  • Meningkatkan kemampuan observasi  suatu permasalahan dan menemukan solusi secara penuh perhitungan dan efektif.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu berpikir komputasional dan pentingnya dalam pemecahan masalah. Berpikir komputasional membantu melihat permasalah secara lebih detail dan terukur base on data, sehingga dapat menyelesaikannya secara efektif dan efisien. Baca juga hardskill dan softskill yang harus dimiliki guru.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi