Puncak Tertinggi Gunung Everest Bertambah 1 Meter, Kok Bisa?

Tim Editor

Puncak Gunung Everest (Antara)

ERA.id - Puncak baru Gunung Qomolangma atau nama lain dari Gunung everest yang berada di ketinggian 8.848,86 meter dari permukaan laut (mdpl) ditetapkan sebagai puncak gunung tertinggi di dunia.

Ketinggian tersebut sudah termasuk puncak salju yang telah dikonfimasi para peneliti dari China dan Nepal yang telah menyepakati konsensus atas hasil pengukuran kembali pada tahun lalu.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Nepal Bidya Devi Bhandari menyatakan Gunung Qomolangma adalah cermin pentingnya persahabatan tradisional China-Nepal.

Seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (9/12/200), lebih dari satu tahun, tim survei kedua negara berhasil menyepakati kesimpulan ketinggian puncak salju dengan mengacu pada Sistem Referensi Ketinggian Internasional (IHRS). Nepal sebelumnya mengukur tinggi Everest sebagai 29.028,87 kaki (8.848 m), sedangkan Cina memiliki ketinggian 29.017,16 kaki (8.844,43 m). Ada selisih 4 meter dalam perbandingan ketinggian yang diukur kedua negara.

"Tim survei China berhasil mencapai puncak Gunung Qomolangma (Everest) pada 27 Mei 2020 untuk mengukur kembali ketinggian puncak, sementara tim survei Nepal sampai di puncak pada Mei 2019," kata Xi dalam keterangan tertulisnya.

 

Tahun ini merupakan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik antara China dan Nepal.

Menurut Xi, kedua negara telah meningkatkan hubungan bilateral, memajukan pembangunan proyek Prakarsa Sabuk Jalan (BRI), dan mengimplementasikan visi jaringan konektivitas lintas-Himalaya.

Dia berharap China dan Nepal membangun kemitraan strategis untuk kemakmuran dan yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara.

Sementara dalam suratnya, Presiden Bhandari mengatakan Nepal dan China telah bertetangga, bersahabat, dan bermitra baik.

Menurutnya, hubungan kedua negara saling menguntungkan dalam menjalin kerja sama di bidang ekonomi, konektivitas, budaya, dan pertukaran antarmasyarakat.

Bhandari mengatakan merasa senang bisa melakukan pengumuman bersama soal ketinggian Gunung Qomolangma, sebagai simbol persahabatan sekian lama Nepal-China.

Gunung Qomolangma atau Everest melintasi perbatasan China-Nepal. Pengukuran yang dirilis pada 2005 ketinggian perbukitan batu Qomolangma tercatat 8.844,43 meter dari permukaan laut.  

Gunung Qomolangma adalah bahasa Tibet untuk gunung Everest. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma.

 

 

 

Tag: gunung everest puncak gunung tertinggi di dunia

Bagikan: