Ternyata Al-Qur'an Sudah Prediksi Peristiwa yang Kini Terjadi, Eksplorasi Bulan hingga Kendaraan Masa Depan

Tim Editor

Ilustrasi (WikiImages dari Pixabay)

ERA.id - Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang dipercaya berisi firman Allah SWT. Al-Qur'an difirmankan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril, berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun, dimulai sejak tanggal 17 Ramadan, saat Nabi Muhammad berumur 40 tahun hingga wafat pada tahun 632.

Banyak fakta menarik dalam kitab suci Al-Qur'an, salah satunya adalah bagaimana Al-Qur'an bisa memprediksi peristiwa yang akan terjadi di masa depan.

Berikut ayat Al-Qur'an yang memprediksi masa depan, seperti dilansir laman Quora, Selasa (2/2/2021).

1. Terjaganya jasad Firaun

Salah satu ayat dalam Al-Qur'an yang diyakini merupakan prediksi di masa depan adalah terkait terjaganya jasad Firaun. Hal itu termaktub pada surat Yunus Ayat 92: "Maka pada hari ini kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami."

Banyak orang pada saat itu --zaman Nabi Musa AS-- tidak menyangka bahwa ternyata Allah SWT benar-benar menjaga jasad Firaun.

Namun, jasad mumi yang ditemukan pada tahun 1898 membantah keraguan tersebut dan membuktikan kebenaran firman Allah SWT. Setelah diperiksa pada tahun 1975 membuktikan bahwa mumi itu adalah benar-benar jasad milik Firaun yang diberitakan dalam Al-Qur'an.

Jasad Firaun. (Foto: www.islamiclandmarks.com)

 

2. Kejadian di masa Nabi Muhammad SAW

Tak hanya di masa depan, Al-Qur'an juga telah memprediksi peristiwa yang terjadi di masa Nabi Muhammad SAW. Ada banyak ayat Qur'an yang memberi kepastian kepada Rasulullah SAW atas kemenangan umat Islam.

Berita tentang matinya Abu Lahab, salah satu orang yang paling keras memusuhi Islam dan rasulnya, adalah bukti otentik. Al-Qur'an menyebut bahwa Abu Lahab akan kafir sepanjang hidupnya dan akan mati menggenaskan. Peristiwa ini ternyata terbukti dalam Al'Qur'an.

Banyak juga berita kemenangan-kemenangan umat Islam di masa itu seperti penaklukan Mekkah (QS 48:28), di mana ayat ini turun ketika muslim dalam keadaan terusir dan lemah. Serta kemenangan Romawi yang sudah terdesak dan kalah beberapa kali oleh Persia (QS 30: 1-7), tepat di tempat yang termuat di dalam Al-Qur'an. Semua hal ini diungkapkan Qur'an jauh sebelum peristiwa itu terjadi.

3. Eksplorasi di Bulan

Banyak referensi tafsir Al-Qur'an yang mengatakan bahwa ayat 18 dalam surah Al-Inshiqaq, menggambarkan tentang perkabaran eksplorasi manusia di bulan: "Dan dengan bulan apabila jadi purnama, sesungguhnya kamu akan melalui tingkat demi tingkat." (Al-Insyiqaaq 18-19)

Manusia memang pada akhirnya beberapa kali melakukan penjelajahan ke bulan, misalnya Amerika Serikat dan Uni Soviet. Selain pendaratan tak berawak oleh Uni Soviet, beberapa kali Amerika Serikat benar-benar mengirimkan manusia ke bulan.

Ilustrasi eksplorasi di Bulan. (Foto: WikiImages dari Pixabay) 

 

4. Kendaraan Masa Depan

Tak hanya ekplorasi ke Bulan, Al-Qur'an juga ternyata telah memprediksi kendaraan masa depan yang digunakan umat manusia. Dalam surah An-Nahl ayat 8, Allah SWT membicarakan kendaraan yang digunakan pada jaman itu, dan sedikit membicarakan tentang kendaraan masa depan yang belum diketahui manusia:

"Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya."

Ilustrasi (Pexels dari Pixabay) 

 

Di ayat ini pula Allah SWT mengatakan manusia menggunakan kendaraan sebagai perhiasaan. Dalam kata lain, kendaraan tidak saja dipakai sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai alat status sosial. Persis seperti yang terjadi di jaman ini.

Keempat prediksi tersebut merupakan sebagian dari kebenaran yang diungkapkan Al-Qur'an. Rasulullah SAW sendiri mempunyai banyak penjelasan tentang masa depan yang terdapat dalam kumpulan hadits.

Tag: al-qur'an nabi muhammad

Bagikan: