Kenapa Kalau Hari Libur Tanggalnya Warna Merah?

Tim Editor

Ilustrasi kalender

ERA.id - Coba Anda cek kalender yang ada di rumahmu, pasti dalam kalender itu ada angka merah alias tanggal merah. Itu menandakan hari itu adalah hari libur.

Beda dengan tanggal berwarna hitam yang jamak diketahui sebagai hari kerja bagi pegawai negeri maupun swasta, tanggal merah adalah hari libur untuk mayoritas para pekerja.

Tanggal merah paling dominan jatuh pada hari Minggu. Sementara ada pula namanya hari libur nasional yang dikaitkan dengan berbagai peristiwa seperti keagamaan dan lain-lain.

Lalu kenapa sih tanggal merah identik dengan hari libur? Ternyata jawabannya sederhana, karena semua hanya masalah kebiasaan saja yang ditularkan sejak zaman Romawi Kuno.

Diketahui, Romawi kuno adalah kerajaan yang menguasai wilayah Eropa dan Asia. Kebiasaan mereka dulunya adalah menandai warna merah pada kalender masehi untuk hari libur.

Tidak ada yang tahu soal mengapa mereka memilih warna merah. Intinya, mereka menandai saja agar diketahui, kapan hari normal alias kerja dan tidak.

Akhirnya, kebiasaan tersebut juga berlaku sampai sekarang pada kalender di Indonesia. Untuk sumbernya, dilansir dari phrases, ternyata ada dalam buku The Journals of Madam Knight, and Rev. Mr. Buckingham yang ditulis pada 1704 sampai 1710 dan diterbitkan oleh American Speech pada 1940.

Tag: sejarah hari buruh tanggal merah yang unik kalender merah

Bagikan: