Tim Basket Kursi Roda Indonesia Tumbang Lawan Filipina di ASEAN Para Games

| 31 Jul 2022 11:46
Tim Basket Kursi Roda Indonesia Tumbang Lawan Filipina di ASEAN Para Games
Menpora Zainuddin Amali menyemangati tim basket kursi roda Indonesia setelah takluk dari Filipina, Solo, Sabtu (30/7/2022).

ERA.id - Mengawali laga pertama dalam ASEAN Para Games 2022, tim basket kursi roda putra Indonesia 3x3 meraih hasil kurang memuaskan dengan kalah 10-15 dari Filipina, Sabtu (30/7/2022).

Bertanding di GOR Sritex Arena, tim basket kursi roda Indonesia awalnya bertanding dengan baik. Mereka sempat unggul 3-1.

Keunggulan ini bertahan hingga Filipina menyerang balik. Sayangnya tim Indonesia kehilangan ritme permainannya sehingga skor sama menjadi 7-7.

Saat kedudukan imbang, mentalitas pemain Indonesia terganggu. Sehingga dimanfaatkan tim lawan untuk mencuri poin hingga pertandingan berakhir dengan skor 10-15.

Pelatih Kepala Tim Basket Kursi Roda Indonesia Fajar Brilianto mengaku bangga dengan penampilan anak asuhnya. Meski akhirnya timnya kurang beruntung.

Padahal tim Indonesia di awal menargetkan menang atau minimal meraih medali perak di cabang olahraga ini.

"Melihat penampilan mereka sudah sangat luar biasa buat saya. Tadi memang target saya menang, tapi memang belum beruntung," katanya.

Fajar mengatakan timnya sudah sempat melakukan free throw empat kali, sayangnya tidak masuk. "Padahal anak-anak free throw sudah 70 persen," katanya.

Pada permainan pertama ini, Fajar mengakui bahwa anak asuhnya melawan tim yang kuat. "Kami juga geran kenapa jadwalnya bisa langsung bertemu Filipina. Kalau ketemunya Kamboja mungkin kita bisa langsung menang. Saya harap melawan tim selanjutnya bisa lebih siap," katanya.

Sebagai informasi, cabang olahraga (Cabor) basket kursi roda menjadi pertandingan pertama yang dimainkan pada perhelatan ASEAN Para Games 2022. Timnas basket kursi roda putra 3x3 Indonesia akan tampil sebanyak dua kali.

Ada lima negara akan memulai perjuangannya untuk meraih hasil terbaik. Kelima negara tersebut, yakni Indonesia, Kamboja, Thailand, Filipina, dan Laos. Terdapat enam pertandingan basket kursi roda 3x3 putra/putri yang akan dimainkan di Gor Sritex Arena, hari ini.

Rekomendasi