Profil Herry IP, Pelatih Bulutangkis Pencetak Pemain Top Dunia

| 24 Oct 2022 16:35
Profil Herry IP, Pelatih Bulutangkis Pencetak Pemain Top Dunia
Herry IP (Antaranews)

ERA.id - Penampilan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto usai final Denmark Open 2022 menuai pujian dari Herry Iman Pierngadi (Herry IP). Hal tersebut membuat netizen menelusuri rekam jejak dan profil Herry IP kembali.

Herry IP merupakan pelatih ganda putra bulutangkis Indonesia yang pada Minggu 23 Oktober kemarin melalui akun Instagram miliknya memuji para anak didiknya yang memenangkan Denmark Open 2022.

Profil Herry IP, Bukan Mantan Atlet

Meskipun memiliki karir yang cemerlang sebagai pelatih bulutangkis, namun Herry diketahui memiliki pengalaman sebagai mantan pemain bulutangkis profesional. Meskipun demikian, dilansir dari Detik Sport, Herry memiliki lisensi pelatih dan ijazah pendidikan di IKIP Jakarta (Universitas Negeri Jakarta/UNJ).

Herry IP memulai debut sejak tahun 1993 (Twitter)

Nama Istri Herry IP adalah Loa Kim Fun, dan anak-anaknya di antaranya Stevanus Iman Pierngadi, Cintia Maria, dan Karen Aprilia.

Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan anak didik terakhir Herry IP yang sukses dan menjadi pasangan nomor satu dunia. Prestasi mereka diukir saat memenangkan gelar All England Open dua tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2017 dan 2018.

Coach Herry IP lahir pada 21 Agustus 1962 di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung merupakan  pelatih bulu tangkis yang berspesialisasi dalam melatih ganda putra Indonesia. Sejak tahun 1993, Herry bergabung dengan Dewan Nasional Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI).

Kemudian pada tahun 1999, Herry menjadi pelatih utama ganda putra di pusat pelatihan Nasional Pelatnas Cipayung. Perlu diketahui, saat itu Herry masih berstatus menjadi pelatih klub PB Tangkas hingga kemudian melepas dari klubnya.

Anak Didik Herry IP

Berikut ini ERA rangkum beberapa anak didik Herry IP yang sukses berkiprah di ajang bulutangkis internasional:

-   Chandra Wijaya / Tony Gunawan (Juara Inggris 1999 dan Juara Olimpiade 2000

-   Chandra Wijaya / Sigit Budiarto (2003 All England & 1997 World Champions)

-   Flandy Limpele / Eng Hian (peraih medali perunggu Olimpiade 2004).

-   Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan (Juara All England Open tahun 2014 dan 2019 dan medali emas Asian Games).

-   Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (Juara All England Open 2017 & 2018 dan peraih medali di 2018 Asian Games)

-   Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (final Denmark Open 2022)

Konflik Kevin Sanjaya dengan Herry IP

Beberapa waktu yang lalu para penggemar bulu tangkis dihebohkan dengan konflik Kevin Sanjaya dengan Coach Naga Api (Julukan Herry IP).

Dilansir dari akun instagram @badmintalk_com (26/9/2022), Kevin menjelaskan konflik dengan pelatihnya. "Kayaknya memang sudah waktunya saya berbicara apa adanya, daripada saya semakin digituin terus. Sebenarnya awalnya, panjang ceritanya," tuturnya.

Kevin menilai jika Herry IP menjelek-jelekkan dirinya saat Indonesia Open. "Dari pertama saya masuk Pelatnas Cipayung, saya kayak dianaktirikan, diremehkan terus, dan lain sebagainya oleh dia. Saya kayak tidak pernah dianggap," ungkapnya.

"Salah satunya saat race to Olympics 2016, saya tidak diberangkatkan ke dua pertandingan Eropa dan China Open. Saya (dan Marcus Gideon) finish tidak jauh dari Angga/Ricky, hanya beda 1-2 posisi doang, tetapi masih di 15 besar, Saya tidak diberangkatkan karena menurut dia (Herry IP) saya masih jauh kelasnya. Intinya begitu. Dia selalu meremehkan kita. Saya sama Sinyo. Karena kita kecil, dipandang sebelah mata," jelasnya.

Bahkan Kevin mengaku jika dirinya juga pernah diminta untuk mengalah saat bertanding melawan Angga/Ricky, namun ia memilih untuk memenangkan pertandingan.

Terkait dengan pernyataan Kevin Sanjaya di media, Herry IP tidak mau berkomentar dan menyuruh agar publik yang menilai semuanya.

Namun baru-baru ini diketahui Herry IP dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, akhirnya berdamai.

Sebelumnya, mereka berselisih karena persoalan ketersinggungan satu sama lain. Kini, usai menyelesaikan problem dengan kepala dingin, Herry dan Kevin kembali latihan bersama di Cipayung, Jakarta Timur.

"Kemarin kami sudah bertemu dan semua masalah sudah kelir, bahkan tadi pagi sudah latihan bareng. Saya dan Kevin sudah lama bersama-sama, dia sudah saya anggap seperti anak sendiri," kata Herry dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Selain profil Herry IP, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi