Di Balik Kemenangan Jepang atas Jerman Ada Tradisi Suporter yang Disorot Dunia

| 24 Nov 2022 16:44
Ilustrasi suporter bola Jepang (Twitter)

ERA.id - Kemenangan menakjubkan Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022 membuat heboh para penggemar sepak bola. Namun dibalik Kemenangan Jepang atas Jerman terdapat fakta menarik seputar suporternya.

Suporter Samurai Biru kini mendapatkan pujian di Qatar atas tradisi di luar lapangan yang tampaknya khas Jepang yaitu Membersihkan stadion setelah penggemar sepak bola lainnya pergi.

Fakta Dibalik Kemenangan Jepang atas Jerman

Setelah pertandingan usai diketahui para penggemar Jepang tetap tinggal di stadion. Setelah kemenangan tim atas Jerman kemudian para suporter membantu membersihkan Stadion Internasional Khalifa.

Suporter Jepang membersihan stadion (Twitter)

Segera setelah stadion mulai kosong, pendukung Jepang terlihat mengeluarkan kantong sampah sekali pakai berwarna biru muda dan mulai bekerja.

Sementara pemandangan penonton yang tetap tinggal untuk membersihkan mungkin mengejutkan banyak orang, namun bagi orang Jepang hal itu bukanlah hal yang luar biasa.

“Apa yang menurut Anda istimewa sebenarnya bukan hal yang aneh bagi kami,” kata Danno, seorang penggemar Jepang, dilansir dari Al Jazeera saat di wawancara sambil mengangkat bahu santai.

Danno tidak mengerti mengapa orang menganggap gestur itu aneh.

“Ketika kami menggunakan toilet, kami membersihkannya sendiri. Ketika kami meninggalkan ruangan, kami memastikannya rapi. Itu kebiasaannya,” jelasnya.

“Kita tidak bisa meninggalkan tempat tanpa membersihkannya. Itu adalah bagian dari pendidikan kami, pembelajaran sehari-hari.”

Unggahan media sosial yang menampilkan penggemar sepak bola Jepang dengan kantong sampah mulai menyebar pada hari-hari setelah pertandingan pembukaan turnamen, antara Qatar dan Ekuador di Stadion Al Bayt pada hari Minggu.

Dalam satu unggahan, seorang pria mengungkapkan keterkejutannya pada pembersihan penggemar Jepang di dalam Stadion Al Bayt. Pembersihan tersebut dilakukan selang lama setelah sebagian besar penonton pergi padahal dalam pertandingan tersebut tidak menampilkan tim Jepang.

Pendukung Samurai Biru telah membersihkan stadion sepak bola untuk sementara waktu. Bahkan meskipun mereka tampak kekalahan, tapi hal tersebut tidak mengurangi mereka dari tugas penting pasca pertandingan.

Perlu diketahui, selama Piala Dunia 2018 di Rusia, Jepang kalah dalam pertandingan babak 16 besar melawan Belgia dengan gol injury time. Meskipun penggemar Jepang patah hati tetapi itu tidak mengurangi mereka untuk mengeluarkan kantong sampah sekali pakai dan pergi bekerja.

Salah satu suporter bola Jepang bernama Saysuka yang berbicara kepada Al Jazeera menjelang pertandingan melawan Jerman, mengatakan dia sadar orang-orang memperhatikan tradisi mereka tetapi mencatat bahwa para penggemar tidak melakukannya untuk publisitas.

“Kebersihan dan kerapian seperti agama bagi kami di Jepang dan kami menghargainya,” katanya sebelum ia membuka ransel dan menunjukkan satu pak kantong sampah yang akan digunakan dan dibagikan kepada orang lain setelah pertandingan.

Sementara itu, video viral di media sosial tentang orang Jepang yang membersihkan stadion mungkin adalah hal baru. Namun kerapihan dan disiplin memiliki akar yang kuat dalam dalam budaya Jepang. Karakteristik ini mendapatkan pengikut di seluruh dunia melalui buku dan acara televisi.

Kini Jepang memiliki tiga poin dan menyisakan dua pertandingan grup. Dengan demikian, para penggemar dan penonton dapat berharap untuk disuguhi lebih banyak estetika Jepang baik itu di dalam dan di luar lapangan sepak bola.

Selain dibalik kemenangan Jepang atas Jerman, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi