Keluar dari MU, Cristiano Ronaldo Kena Skors hingga Denda Rp900 Juta

| 24 Nov 2022 16:10
Keluar dari MU, Cristiano Ronaldo Kena Skors hingga Denda Rp900 Juta
Cristiano Ronaldo diskors (instagram/cristiano)

ERA.id - Mantan penyerang Manchester United (MU), Cristiano Ronaldo, mendapat sanksi sekaligus denda dari Asosiasi Sepak Bola Inggris. Hukuman ini buntut dari insiden yang terjadi pada April lalu. 

Sehari pasca diumumkan keluar dari klub berjuluk Setan Merah, Asosiasi Sepak Bola Inggris mengumumkan sanksi kepada Cristiano Ronaldo. Pernyataan itu menyebut Ronaldo diberi sanksi skors dua pertandingan dan denda 50.000 poundsterling atau sekitar Rp945 juta. 

“Cristiano Ronaldo telah diskors dua pertandingan, didenda 50.000 poundsterling dan diperingatkan tentang perilakunya di masa depan karena melanggar Peraturan FA E3," kata pernyataan tersebut, dikutip People, Kamis (24/11/2022). 

Asosiasi juga mengklaim Ronaldo mengakui bahwa perilakunya setelah peluit akhir pertandingan Liga Premier antara Manchester United FC dan Everton FC pada Sabtu 9 April 2022 tidak pantas. 

Diketahui insiden pada bulan April terekam dalam video dan menunjukkan bintang 37 tahun itu menjatuhkan ponsel dari tangan seorang penggemar muda menyusul kekalahan mengecewakan timnya, Manchester United, dari Everton.

“Komisi Regulasi independen menemukan bahwa perilakunya tidak pantas dan kasar selama sidang berikutnya, dan menjatuhkan sanksi ini,” kata Badan Pengatur Sepak Bola Inggris. 

Pasca insiden tersebut, Ronaldo menyampaikan permohonan maaf kepada penggemarnya tak lama setelah video itu viral di media sosial. Menurutnya, saat itu ia sulit mengatur emosinya ketika tahu timnya kalah. 

"Tidak pernah mudah menghadapi emosi di saat-saat sulit seperti yang kita hadapi. Saya ingin meminta maaf atas kemarahan saya dan, jika memungkinkan, saya ingin mengundang pendukung ini untuk menonton pertandingan di Old Tafford sebagai tanda permainan yang adil dan sportif,” kata Ronaldo saat itu. 

Belum lama ini Manchester United mengumumkan klub telah berpisah dengan Ronaldo. Keputusan ini menyusul wawancara kontroversi Ronaldo dengan Piers Morgan. 

“Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Manchester United dengan kesepakatan bersama, dengan efek segera. Klub berterima kasih padanya atas kontribusinya yang luar biasa selama dua periode di Old Trafford, mencetak 145 gol dalam 346 penampilan, dan berharap dia dan keluarganya baik-baik saja di masa depan,” kata pernyataan MU. 

Mundurnya Ronaldo dari MU ini membuat ia menjadi pemain bebas tanpa agen maupun klub yang menaunginya. Terkait penangguhan dua pertandingannya akan mengikutinya ke tim mana pun yang dia putuskan untuk bermain selanjutnya.

Rekomendasi