Perdebatan 'Hair of God', Adidas Berikan Bukti Valid Lewat Teknologi Canggih

| 30 Nov 2022 16:49
Perdebatan 'Hair of God', Adidas Berikan Bukti Valid Lewat Teknologi Canggih
Cristiano Ronaldo. (Twitter/@piersmorgan)

ERA.id - Federasi Sepak Bola Portugal berencana untuk memberikan bukti kepada FIFA, bahwa gol pertama melawan Uruguay adalah milik Cristiano Ronaldo dan bukan milik Bruno Fernandes. Sayang Adidas telah berikan bukti kuat, bahwa itu adalah gol Bruno.

Dilansir dari Sportbible, Rabu, (30/11/2022). Sempat terjadi gol yang kontroversial saat jalannya pertandingan Portugal melawan Uruguay dalam laga kedua Grup H Piala Dunia 2022, di Stadion Lusail, Doha, Qatar, pada Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Meski Portugal berhasil menang 2-0 atas Uruguay, nyatanya banyak yang masih mempermasalahkan gol pertama Portugal. 

Terlihat gol pertama tercipta lewat, umpan tarik Bruno Fernandes ke depan tiang gawang Uruguay, yang seketika disambut oleh Ronaldo dengan lompatan tinggi. Alhasil bola berhasil masuk ke gawang kiper Uruguay, Sergio Rochet. Ronaldo kemudian melakukan selebrasi dengan rekan-rekan lainnya, nama dia pun tercatat dalam papan skor.

Tidak lama setelah itu, VAR (Video Assistant Referee) memeriksa gol tersebut. Hasil akhir, gol pertama ke gawang Uruguay tidak diberikan kepada Ronaldo, tetapi ke Bruno Fernandes. Alasannya, Cristiano Ronaldo dinilai tidak melakukan sentuhan kepada bola saat melompat.

Ronaldo sontak terkejut melihat gol yang seharusnya milikinya, justru diberikan kepada Bruno Fernandes. Setelah selesai pertandingan, tagar "Hair of God" pun muncul di sosal media. Banyak fans yang menuntut bahwa gol tersebut seharusnya jatuh ke tangan Ronaldo.

Bermaksud mendukung pemain kesayangannya, menurut reporter TV Chiringuigo, Edu Aguirre, bFederasi Sepak Bola Portugal berencana untuk memberikan bukti kepada FIFA, bahwa Ronaldo menyentuh bola lewat rambutnya.

Sayang, gol Ronaldo tidak dihitung lewat analisis dari Adidas. Adidas berikan bukti valid lewat teknologi sensor pada bola Al-Rihla. Ternyata bola yang digunakan di Piala Dunia, Al Rihla, ditanam dengan teknologi yang membuat setiap sentuhan pemain dengan bola terekam dan terpantau.

"Dalam pertandingan antara Portugal dan Uruguay, menggunakan Teknologi Bola Terhubung yang ditempatkan di Bola Pertandingan Resmi Adidas Al Rihla. Kami dapat secara definitif menunjukkan, tidak adanya kontak Ronaldo pada bola untuk gol pembuka dalam permainan," tulis pernyataan resmi Adidas.

Adidas juga membeberkan sistem analisi yang mereka pakai, sehingga hasilnya sangat akurat.

"Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menjadi sangat akurat dalam melakukan analisis," tutupnya.

Di sisi lain, aktor terciptanya dua gol ke gawang Uruguay, Bruno Fernandes juga buka suara soal perdebatan ini.

"Kami senang dengan kemenangan terlepas dari siapa yang mencetak gol. Yang paling penting adalah kami mencapai tujuan kami yaitu berada di babak berikutnya," ucap Bruno.

Rekomendasi