Skenario Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF 2022, Akan Lebih Aman Jika Berjuang Lebih Maksimal

| 30 Dec 2022 16:02
Skenario Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF 2022, Akan Lebih Aman Jika Berjuang Lebih Maksimal
Piala AFF 2022 (Foto: Antara)

ERA.idTimnas Indonesia belum berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 lebih cepat setelah bertanding dengan Thailand. Padahal, Indonesia akan masuk ke fase empat besar jika unggul dalam pertandingan tersebut.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari Kamis, 29 Desember 2022 kemarin, skornya adalah 1-1.

Dengan demikian, tim yang diasuh Shin Tae-Yong gagal memanfaatkan dua keuntungan, yaitu unggul dengan skor 1-0, dan juga keunggulan jumlah pemain, setelah satu orang pemain Thailand diberikan kartu kuning kedua pada menit ke-62.

Dalam laga tersebut, Indonesia sudah lebih dulu unggul melalui penalti Marc Klok di menit 50. Thailand selanjutnya mengejar skor melalui tembakan Sarach Yooyen pada menit 79.

Kondisi ini memang tidak membuat peluang Indonesia tertutup begitu saja, tapi Indonesia harus menerima keadaan yang jauh lebih sulit.

Pada laga terakhir Grup A, Indonesia selanjutnya akan bertanding dengan Filipina di Stadion Rizal Memorial. Sedangkan Thailand akan melawan Kamboja di Thammasar Stadium.

Dua laga penentu itu akan berjalan pada Senin, 2 Januari 2023 mulai pukul 19.30 WIB.

Skenario timnas Indonesia lolos semifinal Piala AFF 2022

Timnas Indonesia mengalahkan Kamboja pada laga pertama Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat, 23 Desember. (Foto: Twitter/@PSSI)

Dalam klasemen Grup A, hanya ada tiga tim yang memiliki peluang bertanding ke semifinal, antara lain Thailand, Indonesia, dan Kamboja.

Saat ini Thailand berada di puncak klasemen dengan poin tujuh. Indonesia juga berpoin sama, hanya saja kalah dalam selisih gol.

Tim ketiga yang juga berpeluang melangkah keempat besar adalah Kamboja. Kamboja sendiri memiliki poin enam.

Adapun Filipina berada di posisi empat dengan poin tiga dan Brunei Darussalam yang berada di posisi lima tanpa poin sudah dipastikan tidak memiliki peluang.

Sebenarnya, untuk Indonesia, peluang untuk melaju ke semifinal tetaplah besar. Pasukan Shin Tae-yong sudah mengamankan tiket jika berhasil meraih skor imbang, apa pun hasil pertandingan antara Thailand-Kamboja.

Kemungkinan skenario lainnya adalah, Indonesia tetap lolos walaupun kalah jika Thailand juga berhasil menaklukkan Kamboja.

Indonesia lebih aman jika berjuang secara maksimal

Namun, akan lebih baik dan lebih aman bagi Indonesia untuk tetap berjuang semaksimal mungkin mengungguli Kamboja. Sebab, kemenangan tersebut akan mengantarkan Indonesia ke semifinal, tanpa harus mempedulikan hasil pertandingan antara Thailand-Kamboja.

Seperti halnya di Grup A, tim yang ada di Grup B belum diketahui siapa yang akan melaju ke semifinal.

Sementara itu, ada empat tim yang masih berpeluang melangkah ke semifinal, antara lain Vietnam pada posisi pertama, Malaysia (2), Singapura (3), dan Myanmar (4).

Tiga tim teratas memiliki poin yang sama, yaitu enam poin. Sedangkan Myanmar belum memiliki poin. Namun, Myanmar tercatat masih akan menjalankan dua laga, begitu pula dengan Vietnam dan Singapura. Adapun tim Malaysia dan Laos masih mempunyai satu laga. Tim Laos berada di dasar klasemen tanpa poin.

Demikianlah penjelasan tentang skenario timnas indonesia lolos semifinal Piala AFF 2022. Semoga Timnas Indonesia bisa memberikan yang terbaik dalam pertandingan selanjutnya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi