Kapten Timnas Fachruddin Optimis Indonesia Lolos ke Final Piala AFF

| 07 Jan 2023 09:38
Kapten Timnas Fachruddin Optimis Indonesia Lolos ke Final Piala AFF
Timnas Indonesia (Antara)

ERA.id - Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto optimistis tim asuhan Shin Tae-yong lolos ke final Piala AFF meski pada semifinal pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, ditahan imbang 0-0 oleh Vietnam, Jumat (6/1/2023). 

"Memang pertandingan tadi tidak mudah. Tapi semua pemain telah bekerja keras dan menjalankan strategi dari pelatih Shin. Masih ada leg kedua untuk berjuang lolos ke final," kata Fachruddin saat jumpa pers usai pertandingan.

Hasil imbang ini membuat perjuangan Timnas Garuda di semifinal kedua menjadi penuh tantangan karena Vietnam akan  bermain di kandang sendiri di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Senin (9/1). 

Dukungan dari suporter bakal menjadi suntikan motivasi bagi tim asuhan Park Hang-seo.

Meski bermain di kandang lawan, Indonesia tetap memiliki peluang terbaik, dengan syarat Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan seri 1-1, 2-2 dan seterusnya karena aturan gol tandang kembali diterapkan dalam Piala AFF ini. 

Tetapi cara paling aman bagi Timnas Garuda adalah memenangkan semifinal kedua di Vietnam itu.

Pada laga melawan Vietnam, pelatih Shin Tae-yong menerapkan strategi berbeda dengan memasang tiga bek tengah, Fachruddin Aryanto bersama dua pemain naturalisasi Jordi Amat dan Rizky Ridho.

Mereka ditopang dua pemain sayap yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannyaa, yakni Pratama Arhan serta Asnawi Mangkualam. Pertahanan Timnas Indonesia benar-benar solid sehingga lawan tidak bisa mencetak gol.

Pelatih Shin Tae-yong juga tetap yakin masih terbuka peluang ke final Piala AFF, dengan syarat tim harus disiapkan dengan baik.

"Persiapan jelas kami lakukan untuk menghadapi pertandingan kedua. Yang jelas hasil yang akan bicara. Lihat saja di stadion nanti," kata pelatih asal Korea Selatan itu. (Ant)

Rekomendasi