Susul Karim Benzema, Gareth Bale Pensiun dari Sepak Bola: Saya Berhutang Budi ke Semua Orang

| 10 Jan 2023 16:45
Susul Karim Benzema, Gareth Bale Pensiun dari Sepak Bola: Saya Berhutang Budi ke Semua Orang
Garteh Bale pensiun (instagram/garethbale11)

ERA.id - Kabar mengejutkan datang dari Gareth Bale. Penyerang tim Welsh itu mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola.

Keputusan untuk gantung sepatu itu disampaikan Bale lewat media sosialnya, Senin (9/1/2023). Dalam pernyataan itu, Bale mengatakan bermain di lapangan hijau merupakan momen terbaik dalam hidupnya.

"Setelah pertimbangan yang cermat dan bijaksana, saya mengumumkan pengunduran diri saya segera dari klub dan sepak bola internasional," tulis Bale.

"Saya merasa sangat beruntung telah mewujudkan impian saya bermain olahraga yang saya sukai," tambahnya.

Bale memulai kariernya di Inggris bersama Southampton. Namun namanya mulai berkibar sejak ia bergabung dengan Tottenham sebelum akhirnya merapat ke Real Madrid dengan rekor transfer dunia pada 2013.

Selama berkarier, Bale telah memenangkan tiga gelar La Liga di Spanyol selain lima trofi di Liga Champions ketika dia bergabung dengan lini depan bersama Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

Setelah masa pinjaman singkat kembali ke Tottenham, Bale menandatangani kontrak dengan tim Major League Soccer (MLS) Los Angeles FC (LAFC) tahun 2022.

Menurut laporan CNN, dia pensiun sebagai pemain bola dengan penampilan terbanyak di Wales lewat 111 pertandingan dan memimpin negaranya ke Piala Dunia pertama dalam 64 tahun di Qatar 2022.

"Untuk menunjukkan rasa terima kasih saya kepada semua orang yang telah memainkan peran mereka sepanjang perjalanan ini, terasa seperti sebuah ketidakmungkinan," ungkapnya.

"Saya merasa berhutang budi kepada banyak orang karena membantu mengubah hidup saya dan membentuk karier saya dengan cara yang tidak pernah saya impikan ketika saya pertama kali memulai pada usia 9 tahun," lanjutnya.

Lalu, kata Bale, keputusannya untuk gantung sepatu ini merupakan sebuah perubahan dan transisi untuk mendapatkan petualangan baru di kehidupannya.

Namun dia mengakui keputusannya untuk pensiun dari dunia sepak bola adalah hal tersulit bagi kariernya. Sayangnya meski terasa sangat sulit, ia harus mengambil langkah tegas demi kehidupan di masa depan.

"Keputusan saya untuk pensiun dari sepak bola Internasional sejauh ini merupakan yang tersulit dalam karir saya," tegasnya.

Selain itu, pemain bola 33 tahun itu juga mengakui keputusan berat untuk tidak lagi berlaga di lapangan hijau, terutama saat memakai seragam Wales sangat menyakitkan baginya. Tetapi dia percaya siapa pun yang terlibat di tim Wales sangat kuat dan unik.

"Saya tahu bahwa setiap orang yang terlibat dalam sepak bola Welsh, merasakan keajaiban, dan terpengaruh dengan cara yang begitu kuat dan unik, jadi saya tahu Anda merasakan apa yang saya rasakan, tanpa menggunakan kata-kata sama sekali," tutupnya.

Sebelumnya Karim Benzema juga mengumumkan dirinya pensiun membela timnas Prancis pasca gagal meraih tropi Piala Dunia 2022. Mundurnya Benzema sebagai pemain timnas itu dia sampaikan lewat media sosialnya yang juga bertepatan dengan hari ulang tahunnya.

Rekomendasi