Apa Itu Dancesport? Yuk Kenali Dansa yang Diakui Internasional Ini

| 18 Jan 2023 18:06
Apa Itu Dancesport? Yuk Kenali Dansa yang Diakui Internasional Ini
Apa itu dancesport (Unsplash)

ERA.id - Apa itu dancesport menjadi banyak pertanyaan yang dilontarkan netizen setelah viral dua siswa SMPN 1 Ciawi, Kabupaten Bogor melakukan aksi dansanya di lingkungan sekolah dan dihujat oleh netizen.

Caption

"Generasi Muda muslim sudah mulai dipengaruhi dengan budaya asing, SMPN 1 Ciawi memasukkan Kurikulum Dansa dalam pelajaran Extrakulikuler dalam materi pembelajarannya.. kenapa rakyat masih terlena.. melihat generasi penerus bangsa dirusak seperti ini," cecar netizen melalui video yang viral di media sosial.

Apa Itu Dancesport?

Dilansir dari tasopen.org, danceSport adalah apa yang dulunya disebut sebagai Ballroom Dancing yang kompetitif. Namun istilah tersebut berganti nama agar sesuai dengan citra modernnya sebagai olahraga yang menuntut.

Karakteristik dari dancesport terdiri dari kekuatan fisik, kelincahan, koordinasi, stamina, tingkat kebugaran yang tinggi, disiplin, kerja sama tim, keanggunan, gaya dan interpretasi musik.

Dancesport adalah nama yang diberikan untuk kompetisi tari yang diadakan di tingkat nasional dan internasional. Dancesport mencakup berbagai jenis tari seperti tari standar (seperti waltz, tango, foxtrot, dan lain-lain) dan tari latin (seperti samba, cha-cha, rumba, dan lain-lain).

Selain itu, Dancesport sering diadakan dalam kompetisi yang diatur oleh organisasi tari yang berbeda, seperti Federasi Tari Dunia (WDSF) dan Federasi Tari Nasional (NDCA).

Dalam kompetisi dancesport, pasangan yang terdiri dari seorang pria dan seorang wanita akan menari berdasarkan kategori yang ditentukan, seperti tari standar atau tari latin.

Pasangan penari akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para ahli tari dan akan diberi skor berdasarkan kinerja mereka. Pemenang akan ditentukan berdasarkan skor tertinggi yang didapat dari dewan juri.

Dancesport juga dikenal dengan sebutan sport tari, dimana kompetisi ini merupakan salah satu bentuk olahraga yang sangat diakui di dunia. Dancesport memerlukan kekuatan fisik, kecepatan, dan ketrampilan yang sama seperti olahraga lainnya, selain itu juga memerlukan keterampilan dalam tari, musik dan juga komunikasi antar pasangan.

Mengenal Jenis-Jenis Dance Modern

Dance modern adalah sebuah gerakan tari yang berkembang di awal abad ke-20 yang mengutamakan ekspresi individu dan gerakan yang bebas. Dance modern mencakup berbagai jenis tari yang berbeda, yang masing-masing memiliki karakteristik dan metode pelatihan yang unik.

Jenis Dance Modern (Unsplash)

Beberapa jenis dance modern yang umum dikenal diantaranya:

  1. Contemporary dance

Ini adalah jenis tari yang mengkombinasikan elemen dari tari modern dan tari klasik, yang menekankan pada ekspresi emosional dan gerakan yang alami.

  1. Jazz dance

Kedua adalah jazz dance yang merupakan jenis tari yang berasal dari Amerika Serikat dan mengutamakan gerakan yang cepat dan dinamis, serta memanfaatkan musik jazz.

  1. Hip Hop Dance

Hip Hop adalah jenis tari yang berasal dari budaya populer di kalangan masyarakat Afrika-Amerika dan mengutamakan gerakan yang kuat dan dinamis yang dikombinasikan dengan musik hip-hop.

  1. Modern dance

Ini adalah jenis tari yang mengutamakan ekspresi individu dan gerakan yang bebas, yang mengarah pada pengembangan gaya tari yang unik.

  1. Lyrical dance

Tarian ini adalah jenis tari yang mengkombinasikan elemen dari tari klasik dan tari modern, yang menekankan pada ekspresi emosional dan gerakan yang fluida.

  1. Breakdance

Adalah jenis tari yang mengutamakan gerakan acrobatic dan dinamis yang dikombinasikan dengan musik hip-hop

  1. Urban Dance

Ketujuh adalah jenis tari yang mengkombinasikan elemen dari berbagai jenis tari modern seperti hip hop, breakdance, funk dan jenis tari lainnya.

  1. Street Dance

Merupakan jenis tari yang berasal dari budaya populer di kalangan masyarakat dan mengutamakan gerakan dinamis yang dikombinasikan dengan musik R&B atau Pop.

Selain apa itu dancesport, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi