Mengenal Just Fontaine Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia 1958

| 02 Mar 2023 21:02
Mengenal Just Fontaine Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia 1958
Mengenal just fontaine (Twitter)

ERA.id - Just Fontaine yang mencetak rekor 13 gol untuk Prancis pada putaran final Piala Dunia 1958 di Swedia, telah meninggal dunia pada usia 89 tahun. Mari melalui artikel ini mengenal Just Fontaine lebih dalam.

Fontaine membutuhkan enam pertandingan untuk meraih prestasi di Piala Dunia 1958 di Swedia, hal tersebut dilakukannya ketika ia masuk ke dalam skuat Prancis pada menit-menit terakhir.

Fontaine adalah pemain sepakbola yang lahir di Maroko dan merupakan penyerang yang tidak terlalu dikenal di luar liga Prancis.

just fontaine mencetak 13 gol di piala dunia (Twitter)

Mengenal Just Fontaine

Diketahui, Fontaine dikenal selalu menyiksa lawan dengan kecepatan dan sentuhan akhir yang indah. Dilansir dari skysports, Fontaine bahkan harus meminjam sepasang sepatu cleat setelah merusak sepatunya sendiri saat latihan.

Fontaine sendiri mencetak empat gol pada laga perebutan tempat ketiga melawan Jerman Barat, namun bisa saja mencetak lima gol jika saja ia berhasil mengeksekusi tendangan penalti.

Jika pencetak gol terbanyak di Piala Dunia sekarang diakui dengan penghargaan Sepatu Emas, tidak dengan Fontaine.

Fontaine mencetak rekor tersebut ketika FIFA tidak memberikan penghargaan khusus untuk pencetak gol terbanyak di turnamen.

"Mengalahkan rekor saya? Saya rasa itu tidak akan pernah bisa dilakukan," kata Fontaine kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara tahun 2006.

"Orang yang ingin mengalahkan saya memiliki tugas yang sangat besar, bukan? Dia harus mencetak dua gol per pertandingan dalam tujuh pertandingan." imbuhnya.

Bermain di masa ketika tidak ada pergantian pemain, tim yang dibela Fontaine, Prancis kalah 5-2 di semifinal melawan tim Brasil yang diperkuat Pele yang masih berusia 17 tahun.

Fontaine memang selalu mencetak gol di setiap pertandingan, membawa Prancis unggul lebih dulu dengan gol pertama yang dibobol Brasil di turnamen ini.

Namun saat kedudukan 1-1, pemain bertahan Prancis, Robert Jonquet, mengalami patah kaki. Hebatnya, ia tetap bermain, mencoba untuk menandingi kejeniusan Pele, namun pertahanan Prancis sangat lemah.

Rekor Gol Terbanyak di Piala Dunia

Perlu diketahui, rekor gol terbanyak yang dicetak dalam karir Piala Dunia adalah 16 gol oleh penyerang Jerman, Miroslav Klose, yang bermain di empat turnamen.

Sementara itu, Fontaine yang memecahkan rekor 11 gol yang dicetak oleh striker Hungaria Sndor Kocsis pada turnamen 1954, hanya bermain di satu Piala Dunia.

Kebangkitan meteorik Fontaine sebagai pencetak gol membuatnya mencetak 200 gol dalam 213 pertandingan. Dia mencetak 30 gol dalam 21 pertandingan untuk Prancis.

Namun karier Fontaine secara dramatis terputus ketika ia baru berusia 28 tahun. Pemain asal Prancis ini - yang terkenal dengan kecepatannya yang luar biasa dan penyelesaian akhir yang kejam - mengalami patah kaki yang menghebohkan setelah melakukan tekel yang salah pada Maret 1960.

Suara patahan tulang Fontaine begitu keras, sampai-sampai kiper Prancis, Dominique Colonna, mengklaim bahwa ia mendengarnya dari ujung lapangan.

Fontaine bangkit dari cedera tersebut, namun kecepatannya hilang dan ia pensiun tepat sebelum ulang tahunnya yang ke-29.

Cedera tersebut membuatnya tidak bisa bermain di puncak permainannya - sebuah prospek yang menakutkan - dan membuatnya kehilangan kesempatan untuk pindah ke Spanyol.

Selain Mengenal Just Fontaine, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi