Apa Itu Pemain Naturalisasi dan Persyaratannya Menurut Undang-Undang

| 21 Mar 2023 22:05
Apa Itu Pemain Naturalisasi dan Persyaratannya Menurut Undang-Undang
Pemain naturalisasi Cristian Ghonzales (Foto dari Antara)

ERA.id - Tiga pemain naturalisasi baru siap memperkuat Timnas Indonesia U-20. Proses naturalisasi pemain telah disetujui oleh Komisi X DPR RI pada Senin (20/3/2023). Pemain yang masuk daftar naturalisasi tidak hanya atlet sepak bola, tapi juga pemain basket. Apa itu pemain naturalisasi?

Nama tiga pemain naturalisasi yang akan memperkokoh garuda muda di ajang Piala Dunia U-20 2023, yaitu Rafael Struick, Justin Hubner, dan Ivar Jenner. Ajang yang akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kualitas di dunia sepak bola.

Pemain naturalisasi (foto dari Antara)

Selain ketiga pemain sepak bola tersebut, ada juga satu atlet basket yang dinaturalisasi, yaitu Jerome Anthony Beane. Dasar pengajuan keempat pemain naturalisasi tersebut berdasarkan permohonan dari Ketua Umum PSSI dan Ketua Umum Perbasi. Lantas apa itu pemain naturalisasi dan bagaimana regulasinya?

Apa Itu Pemain Naturalisasi?

Banyak yang mengira bahwa pemain naturalisasi adalah atlet sepak bola dari luar yang memiliki darah atau keturunan Indonesia, kemudian dipanggil untuk membela Timnas Indonesia. Sebenarnya pemain naturalisasi tidak harus memiliki garis keturunan keluarga dari Indonesia. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), naturalisasi adalah: Pemerolehan kewarganegaraan bagi penduduk asing; hal menjadikan warga negara; pewarganegaraan yang diperoleh setelah memenuhi syarat sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Sementara itu menurut Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), pengertian naturalisasi adalah tata cara bagi orang asing untuk memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia melalui permohonan. Orang asing yang dimaksud di sini adalah orang yang bukan Warga Negara Indonesia (WNI). 

Dalam dunia sepak bola, istilah ‘naturalisasi’ dipakai untuk menyebut pemain sepak bola (bukan WNI) yang mengajukan diri kepada negara untuk mendapatkan status kewarganegaraan baru di negara yang dituju. 

Persyaratan Pemain Naturalisasi

Proses naturalisasi pemain telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006. Dalam pasal 9, tertuang persyaratan untuk mengajukan naturalisasi sebagai WNI. Berikut sejumlah persyaratan untuk naturalisasi.

  1. Telah berusia 18 tahun atau sudah kawin.
  2. Pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia palingsingkat 5 (lima ) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945.
  5. Tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 1 (satu)tahun atau lebih.
  6. Jika dengan memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia, tidak menjadi berkewarganegaraan ganda.
  7. Mempunyai pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap.
  8. Membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara.

Selain persyaratan di atas, terdapat ketentuan lain untuk memperoleh status kewarganegaraan Indonesia. Dalam ayat 1 Pasal 19 UU Nomor 12 Tahun 2006, disebutkan bahwa warga negara asing yang kawin secara sah dengan WNI dapat memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia dengan menyampaikan pernyataan menjadi warga negara di hadapan pejabat. 

Dalam pasal 20 juga dijelaskan mengenai syarat mendapatkan kewarganegaraan, yakni: Orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara, dapat diberi kewarganegaraan Republik Indonesia oleh Presiden setelah memperoleh pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, kecuali dengan pemberian kewarganegaraan tersebut mengakibatkan yang bersangkutan berkewarganegaraan ganda.

Indonesia sendiri sudah cukup sering melakukan naturalisasi pemain sepak bola untuk memperkuat Timnas Indonesia. Para pemain naturalisasi mampu tampil bersinar, di antaranya Cristian Gonzales, Greg Nwokolo, Victor Igbonefo,Beto Goncalves, dan masih banyak lagi. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu pemain naturalisasi. Untuk menyongsong ajang Piala Dunia U-20 2023, Indonesia pun melakukan naturalisasi pemain sebagai salah satu langkah memperkokoh timnas garuda muda. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi