Dapat Emas Tanpa Bertanding, Atlet Silat Kamboja Diduga Menang Curang

| 11 May 2023 13:42
Dapat Emas Tanpa Bertanding, Atlet Silat Kamboja Diduga Menang Curang
Pengumuman atlet Kamboja yang menang silat dan diduga curang.

ERA.id - SEA Games 2023 di Kamboja lagi-lagi tuai kontroversi akibat ulah tuan rumah. Terbaru, atlet silat Kamboja Non Sromoachkroham meraih emas tanpa bertanding setelah menang WO (walkout) di semifinal dan final.

Non Sromoachkroham seharusnya bertanding dengan wakil Malaysia Muhammad Khoirul di semifinal. Namun, lawannya tidak mau bertanding sehingga meloloskan Kamboja ke final.

Pada partai final, Kamboja bertemu dengan Indonesia. Namun, lagi-lagi wakil dari negara tuan rumah itu menang WO setelah atlet silat Indonesia Bayu Lesmana dinyatakan cedera dan tak bisa bertanding.

Bayu diduga dipaksa WO demi kemenangan tuan rumah Kamboja, sebab dikabarkan saat itu kondisinya sangat sehat dan tak cedera.

Hal ini disampaikan oleh teman Bayu, Iedham Paramour, lewat potongan panggilan video bersama Bayu yang dibagikan di Instagram @i.paramour pada Rabu (10/5/2023).

"Kalian renggut semuanya.. (Tuan rumah luar biasa) Kalian ancam untuk dapat sekeping emas dari seorang bayu," tulis Iedham di captionnya.

"Kalian paksa @bayulesmana_568 walkout cuma untuk mendapatkan emas!! Jangan pernah dholim," lanjutnya.

Sebelumnya, tuan rumah SEA Games 2023 beberapa kali diduga melakukan kecurangan. Salah satunya di cabang olahraga Badminton Beregu Campuran, setelah Kamboja dicurigai menurunkan atlet bulutangkis dari China yang bernama Zhou Meng dalam timnya.

Rekomendasi