Mengenal Profil Zlatan Ibrahimovic, Striker Kokoh yang Doyan Pindah Klub

| 05 Jun 2023 16:05
Mengenal Profil Zlatan Ibrahimovic, Striker Kokoh yang Doyan Pindah Klub
Zlatan Ibrahimovic (Twitter @Ibra_official)

ERA.id - Zlatan Ibrahimovic mengumumkan pensiun dari persepakbolaan. Hal tersebut disampaikan di Stadion San Siro saat AC Milan menggelar laga terakhir kontra Hellas Verona, Minggu (4/6/2023). 

Profil Zlatan Ibrahimovic punya daya tarik yang kuat. Dia tak sekalipun memenangkan Ballon d’Or, tetapi hampir semua pecinta sepak bola mengakui kehebatannya. Tak heran jika kabar pensiun Ibra menjadi perhatian banyak orang. Dikutip Era.id dari berbagai sumber, berikut adalah profil Ibra.

Mengenal Profil Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic lahir pada 3 Oktober 1981 di Kota Rosengard Malmo, Swedia. Pria berumur 41 tahun ini memiliki orang tua yang berlatar belakang berbeda. Ayahnya bernama Sefik Ibrahimovic, dari Bosnia, sedangkan ibunya yang bernama Jurka Gravic merupakan keturunan Kroasia.

Ibra pernah memiliki istri bernama Helena Seger. Keduanya memiliki anak bernama Maximilian dan Vincent. Selama Ibra bermain untuk AC Milan, anak-anaknya tetap tinggal di Malmo.

Ibrahimovic termasuk pemain yang sudah tua, tetapi kemampuannya tak diragukan. Pada masa-masa awal di AC Milan (2020—2021), dia kerap menjadi starter.

Perpisahan Ibrahimovic dengan AC Milan dan sepak bola (Twitter @acmilan)

Dia mencetak 8 gol dari 19 pertandingan yang di semua kompetisi. Tak hanya itu, pada musim 2021—2022 Ibra mengantarkan AC Milan menjadi kampiun Serie A setelah 11 tahun puasa.

Ibra sudah kedua kalinya berseragam AC Milan. Sebelumnya, dia bergabung dengan Rossoneri pada 2010—2011. Saat itu Ibra dan AC Milan juga berhasil menjuarai Serie A.

Karier Ibrahimovic di dunia sepak bola diawali dengan bermain untuk Malmo FF, timnya di Swedia. Ibra menunjukkan penampilan yang apik dan menarik perhatian Ajax Amsterdam. Tahun 2021, dia bergabung dengan raksana dari Belanda itu.

Pada tahun 2004, dia dipinang Juventus. Selama dua tahun, Ibra mengantarkan timnya menjadi juara liga Italia Serie A. Namun, kedua gelar tersebut dicabut akibat skandal Calciopoli.

Skandal tersebut juga membuat Ibra memutuskan pindah. Pada 2006 dia bergabung dengan raksasa Italia yang lain, Inter Milan. Akan tetapi, langkahnya tidak dilanjutkan.

Pada 2009 dia pindah ke Spanyol untuk bermain dengan Barcelona FC. Buruknya hubungan dengan sang pelatih membuat dia hanya semusim di Catalan. Tahun 2010 dia kembali ke Italia, tetapi saat ini gabung ke rival bebuyutan Inter Milan, yaitu AC Milan.

Di sana dia juga tidak lama. Tahun 2012 dia pindah ke Prancis, dia bergabung dengan PSG. Setelah cukup lama di sana, Ibra mencoba Liga Inggris. Tahun 2016 dia bermain untuk Manchester United.

Pada tahun 2018 dia pindah lagi, saat ini ke Amerika Serikat. Di usia yang semakin tua, dia bergabung dengan LA Galaxy. Namun, hal tersebut ternyata bukan akhir kariernya. Ibra kembali mencari tantangan dengan gabung AC Milan untuk kedua kalinya pada 2020. Ternyata, inilah tim yang dia pilih untuk menjadi perlabuhan terakhir sebagai pemain sepak bola.

Berkali-kali pindah, Zlatan Ibrahimovic selalu menyumbang piala untuk timnya. Namun, sepanjang karier sepak bola, ada dua piala yang tak pernah dimiliki, yaitu Ballon d’Or dan Liga Champions.   

Rekomendasi