Inilah Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2023

| 21 Aug 2023 20:15
Inilah Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2023
Duel pemain Indonesia dan Timor Leste dalam laga Grup B Piala AFF 2023 (PSSI)

ERA.id - Kemenangan 1-0 timnas Indonesia U-23 atas Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF U-23 2023 menempatkan tim Garuda di posisi kedua grub. Indonesia masih berpeluang lolos babak penyisihan. Itu karena selain tiga juara grup, salah satu runner-up grup ikut melaju ke babak empat besar.

Terkait hal itu, beberapa syarat timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2023 harus terpenuhi. Kepastian nasib tim Merah Putih ditentukan oleh hasil pertandingan tim lain bertarung pada Selasa (22/8/2023).

Pertandingan Indonesia vs Timor Leste

Laga Indonesia kontra Timor Leste digelar di Stadion Rayong Thailand, Minggu (20/8/2023). Tim Merah Putih punya cukup banyak sederet peluang emas, tetapihanya satu gol yang berhasil tercipta.

Gol tersebut dicetak oleh Ramadhan Sananta. Dia membobol gawang lawan di pengujung babak pertama setelah memanfaatkan umpan Beckham Putra.

Indonesia vs Malaysia dalam pertandingan Grub B Piala AFF 2023 (Antaranews)

Pada menit ke-78 Indonesia hampir menggandakan skor. Sayangnya, tendangan mendatar Sananta dianulir karena dirinya dinyatakan offside.

Kemenangan tipis ini sama sekali belum mengamankan posisi Indonesia. Tiga poin yang dikemas hanya menempatkan Indonesia di posisi kedua sebab pada laga sebelumnya, tim Garuda menelan kekalahan 1-2 dari Malaysia. Indonesia tidak memimpin grup karena kalah head to head dengan Malaysia.

Saat ini tim asuhan Shin Tae-yong hanya bisa lolos melalui jalur runner up terbaik. Laga penentu Grub B dijalani Malaysia dan Timor Leste pada Selasa (22/8/2023).

Indonesia masih punya peluang untuk lolos ke semifilan, tetapi beberapa syarat perlu terpenuhi. Syarat tidak hanya berkaitan dengan Grub B saja, tetapi juga bergantung pada hasil pertandingan di grub lain. Berikut ini Era.id sampaian beberapa kondisi yang memungkinan Indonesia lolos ke babak selanjutnya Piala AFF U-23 2023.

Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2023

Syarat di Grub B

1.    Malaysia kalahkan Timor Leste

Kemenangan Malaysia atas Timor Leste di laga pamungkas memastikan Indonesia finis sebagai runner up Grup B.

2.    Malaysia imbang dengan Timor Leste

Hasil seri pada pertandingan tersebut membuat Malaysia tetap menjadi juara Grup B, sedangkan Indonesia menjadi runner up Grub B.

Syarat di Grub Lain

1.    Thailand kalahkan Kamboja

Kamboja saat ini mengantongi empat poin dari kemenangan 5-0 atas Brunei Darussalam dan imbang 1-1 lawan Myanmar. Akan tetapi, kemenangan Kamboja atas Brunei tidak dihitung sebab Grup A berisi empat tim, sedangkan grup lain tiga tim. Akibatnya, hasil melawan tim juru kunci tidak diperhitungkan.

Dalam kondisi tersebut, Kamboja dinilai hanya mengemas satu poin jika kalah dari Thailand di laga pamungkas. Hal tersebut juga berlaku bagi Myanmar yang akan melakoni laga pamungkas melawan Brunei.

2.    Thailand imbang dengan Kamboja

Masih berdasarkan sistem perhitungan poin sebelumnya, hasil imbang akan membuat Kamboja meraih total poin dua. Hal tersebut membuat Indonesia masih berstatus runner up terbaik.

3.    Vietnam tidak kalah dari Filipina

Jika Vietnam berhasil menang atau imbang saat melawan Filipina pada laga pamungkas, Vietnam berhak menjadi juara Grup C. Hasil tersebut membuat Filipina hanya meraih tambahan poin maksimal satu. Dengan demikian, total poin Filipina maksimal adalah dua dan Indonesia berstatus runner up terbaik. 

Rekomendasi