Alasan Marc Marquez Tinggalkan Honda, Ternyata Gegara Hal Ini

| 05 Oct 2023 15:03
Alasan Marc Marquez Tinggalkan Honda, Ternyata Gegara Hal Ini
Pebalap tim Ducati Lenovo Francesco Bagnaia dan pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjalani kualifikasi Grand Prix Italia, Sirkuit Mugello, Italia (Dok. Antara)

ERA.id - Marc Marquez, pebalap yang menjuarai MotoGP sebanyak delapan kali resmi berpisah dengan Honda setelah 11 tahun bersama. Marquez dan Honda Racing Corporation saling bersepakat menyelesaikan kontrak satu tahun lebih cepat, yaitu setelah musim kejuaraan 2023. Setelah mengumumkan perpisahannya dengan Honda, Marquez mengunggah fotonya yang sedang berlinangan air mata. Dengan diberikan penjelasan penuh emosional mengenai alasan Marc Marquez tinggalkan Honda.

"Saya tidak tahu harus mulai dari mana. Saya tidak tahu apakah yang saya lakukan hal benar atau salah, saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Saya tidak tahu apakah semua ini akan berjalan dengan baik, tetapi yang saya tahu adalah semua yang telah kami capai bersama,” demikian Marquez menulis pada unggahan di akun Instagram pribadinya.

Pembalap Honda Racing (HRC), Marc Marquez. (Antara)

Alasan Marc Marquez tinggalkan Honda: Butuh Motor yang Kompetitif

"Ini merupakan keputusan tersulit dalam hidup saya, yang dipandu oleh kepala dan keberanian saya, bukan oleh hati saya. Hati saya akan selalu bersama Anda, selalu. Anda telah mendukung saya dan akan terus mendukung saya,” Marquez melanjutkan. 

Lewat pesan tersebut, Marquez mengaku masih mempunyai tekad untuk meraih cita-cita sebagai pebalap terbaik di MotoGP. Namun, untuk mendapatkan gelar juara dunia, rider asal Spanyol itu memerlukan motor yang kompetitif.

"Tetapi saya memiliki satu hal yang jelas. Saya ingin mencoba menjadi pebalap terbaik di dunia lagi dan untuk itu saya harus menikmatinya. Saya menerapkan teori yang dikatakan oleh pendaki gunung dalam buku yang Anda tinggalkan untuk saya baca. Jika saya mampu mendaki Everest dalam tiga hari, mengapa saya harus mendakinya dalam lima hari? Secara logika, jauh lebih berisiko untuk mencobanya dalam tiga hari. Anda mengekspos diri Anda lebih banyak dan mungkin tidak mungkin, tetapi jika saya tidak mencobanya, saya tidak akan melakukannya. Saya tidak akan pernah tahu. Anda selalu memberi tahu saya dan saya menerapkannya: ikuti naluri Anda, tidak ada yang bisa mengalahkan Anda dengan karakter dan keberanian,” Marquez melanjutkan. 

Akui Punya Hubungan Istimewa dengan Honda

Selanjutnya pada akhir kalimat, Marquez mengungkapkan secara tegas bahwa dirinya memiliki hubungan yang sangat istimewa dengan Honda. Pebalap yang selalu identik dengan angka 93 itu juga menyimpan harapan akan bertemu kembali dengan Honda di lain waktu.

"Akhirnya, inilah saatnya hati yang berbicara dan, seperti yang Anda ketahui, hubungan kita sangat istimewa, itulah mengapa saya berharap jalan kita bertemu lagi. Mari nikmati enam musim yang tersisa tahun ini,” ucap Marquez. 

Dari informasi yang diterima, pada musim 2024 mendatang, Marquez dikabarkan akan pindah ke tim Gresini Ducati. Kepindahan Marquez ke tim satelit Ducati itu memang belum secara resmi diumumkan oleh Gresini. Namun, juara dunia delapan kali itu dapat dipastikan akan bertandem dengan saudara kandungnya Alex Marquez pada musim 2024.

Demikianlah ulasan tentang alasan Marc Marquez tinggalkan Honda setelah musim kejuaraan 2023.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi