Daftar Tim yang Lolos 16 Besar Liga Champions dan Aturan Drawing

| 14 Dec 2023 18:00
Daftar Tim yang Lolos 16 Besar Liga Champions dan Aturan Drawing
Liga Champions (UEFA)

ERA.id - Dini hari tadi fase grup Liga Champions menjalani laga-laga terakhir matchday 6. Hasilnya, didapatkan daftar tim yang lolos 16 besar Liga Champions 2023/2024.

Dua tim yang terakhir memastikan lolos ke fase gugur adalah PSG dan Porto. PSG mengamankan tiket 16 besar berstatus runner up Grup F setelah mengakhiri laga kontra Dortmund dengan skor 1-1. PSG menemani Dortmund yang lolos sebagai juara grup.

Di tempat lain, Porto juga lolos dengan status runner up (Grup H) setelah berhasil mengalahkan Shakhtar Donetsk 5-3 pada laga terakhir babak grup.

Daftar Tim yang Lolos 16 Besar Liga Champions

Dalam beberapa tahun terakhir Liga Champions kerap diwarnai kejutan. Musim ini, ada beberapa klub yang berhasil masuk babak 16 besar meski sebelumnya kurang dipertimbangkan.

Dari Grup A, Copenhagen berhasil mendampingi Bayern Munchen lolos ke 16 besar Liga Champions 2023/2024. Tiket Copenhagen didapatkan setelah mengalahkan Gatalasaray 1-0 pada laga terakhir Grup A, Rabu (13/12/2023) dinihari WIB.

Dari Grup B, satu tim yang berhasil mendampingi Arsenal ke babak 16 besar adalah PSV. Mereka berhasil mengamankan tiket dengan duduk sebagai runner up setelah menahan imbang Arsenal 1-1 pada laga terakhir fase grup.

Dari Grup D, Real Sociedad sudah memastikan tiket 16 besar bahkan sejak matchday 5. Mereka menjadi pemuncak grup dengan Inter Milan di bawahnya.

Ini adalah torehan yang cukup mengejutkan. Terakhir kali Sociedad masuk Liga Champions adalah musim 2013/2014, dan ketika itu mereka tidak lolos ke babak 16 besar.

Terlepas dari berbagai kejutan yang ada, sejumlah tim besar tetap hadir untuk meramaikan babak 16 besar. Berikut adalah daftar tim yang akan berlaga di fase gugur Liga Champions 2023/2024.

Tanda pertandingan Borussia Dortmund kontra PSG

Grup A

1.    Bayern Munchen

2.    Copenhagen

Grup B

1.    Arsenal

2.    PSV

Grup C

1.    Real Madrid

2.    Napoli

Grup D

1.    Real Sociedad

2.    Inter Milan

Grup E

1.    Atletico Madrid

2.    Lazio

Grup F

1.    Borussia Dortmund

2.    PSG

Grup G

1.    Manchester City

2.    RB Leipzig

Grup H

1.    Barcelona

2.    Porto

Peraturan Drawing 16 Besar Liga Champions

Sebanyak 16 tim dinyatakan lolos ke fase gugur, terdiri atas juara dan runner-up grup. Selanjutnya UEFA akan melakukan drawing atau pengundian untuk tim mana yang akan bertemu di babak 16 besar Liga Champions 2023/2024.

Tim-tim yang menjadi juara grup masuk sebagai “yang diunggulkan” (seeded). Babak 16 besar digelar dengan format dua leg. Aturan UEFA menyebutkan, juara grup akan memainkan laga tandang terlebih dahulu (leg 1), baru kemudian berlaga di kandang pada leg 2. Selain itu, ada beberapa aturan lain yang perlu Anda ketahui.

  • Tim-tim dari asosiasi sepak bola nasional sama tidak bisa bertemu.
  • Tim-tim dari grup yang sama tidak bisa bertemu.
  • Tidak ada keunggulan gol tandang.

·         Jika skor imbang setelah 180 menit (dua leg), dan belum didapatkan pemenang dalam 30 menit waktu tambahan (extra time), pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Itulah berbagai informasi mengenai daftar tim yang lolos 16 besar Liga Champions 2023/2024. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi