Indonesia Kalah dari Uzbekistan, Tiga Keputusan VAR Jadi Sorotan

| 30 Apr 2024 01:40
Indonesia Kalah dari Uzbekistan, Tiga Keputusan VAR Jadi Sorotan
Bek timnas Indonesia' Muhammad Ferarri (kedua dari kiri) (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

ERA.id - Indonesia kalah dari Uzbekistan dengan skor 0-2 pada semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Senin (29/4/20204). Selama pertandingan, terdapat tiga keputusan VAR yang menjadi sorotan.

Pertama, keputusan VAR yang menjadi sorotan saat pemain Indonesia Witan Sulaeman dijegal pemain Uzbekistan di antara ujung kotak penalti atau luar kotak penalti. Kejadian ini memberikan peluang bagi Indonesia untuk mendapatkan tendangan bebas.

Wasit Shen Yinhao sempat ingin memberikan tendangan bebas untuk Indonesia, tapi ia membatalkan kesempatan tersebut. Keputusan itu diambil setelah Yinhao melihat VAR dan berdiskusi dengan wasit VAR asal Thailand, Sivakom Pu-udom soal possible penalti.

Kedua, Indonesia sempat menjebol gawang Uzbekistan dan unggul 1-0 lewat gol Muhammad Ferarri. Tapi gol tersebut dianulir karena posisi Ramadhan Sananta yang sudah dalam posisi offside sebelum bola diberikan kepada Ferarri. Setelah mengecek VAR di sisi lapangan, terlihat posisi kaki Sananta berada di depan pemain Uzbekistan.

Ketiga, keputusan VAR kembali menjadi sorotan saat bek Timnas Indonesia Rizky Ridho membuang bola. Lalu kakinya melayang ke area antara kedua paha pemain Uzbekistan Jasurbek Jalliddinov. Wasit Shen Yinhao pun mengecek VAR. Ia pun memberikan kartu merah kepada Rizky.

Rekomendasi