Profil Shen Yinhao Wasit Timnas Indonesia VS Uzbekistan yang Dikecam Netizen

| 30 Apr 2024 20:00
Profil Shen Yinhao Wasit Timnas Indonesia VS Uzbekistan yang Dikecam Netizen
Sosok shen yinhao (X)

ERA.id - Sosok Shen Yinhao kembali menjadi perhatian di jagat sepak bola Indonesia, karena keputusan-keputusannya yang dianggap kontroversial saat memimpin pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia melawan Uzbekistan.

Kekalahan Garuda Muda dengan skor 0-2 diwarnai dengan berbagai momen debat panas dan kekecewaan publik terhadap sang pengadil lapangan ini. Berikut ulasannya dan fakta menarik seputar Shen Yinhao.

Sosok Shen Yinhao yang Kontroversial

  1. Wasit Asal China

Shen Yinhao adalah wasit sepak bola profesional asal China yang lahir pada 6 November 1986 di Shanghai.

Yinhao telah menjadi wasit FIFA sejak 2018 dan memimpin banyak pertandingan di berbagai level, termasuk Liga Super China, Liga Champions Asia, dan Piala Dunia U-20.

  1. Dituduh Memihak Uzbekistan

Meskipun Yinhao berpengalaman dengan reputasi yang baik, penampilannya di pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 justru menimbulkan banyak kontroversi.

Beberapa pihak bahkan menuduh Shen Yinhao sengaja berpihak kepada Uzbekistan U-23 mengingat sejarah kelamnya dalam memimpin pertandingan yang melibatkan tim nasional Indonesia di SEA Games 2023.

Beberapa pihak bahkan menuduh Shen Yinhao sengaja berpihak kepada Uzbekistan (X)
  1. Dianggap Mengambil Keputusan Kontroversi

Wasit Shen Yinhao mengambil keputusan kontroversial di pertandingan semifinal antara Indonesia dan Uzbekiztan. Keputusan kontroversi yang dilakukan oleh Yinhao di antaranya:

  • Dia membatalkan pelanggaran terhadap Witan Sulaeman di dekat kotak penalti pada menit ke-27. Awalnya, Yinhao meniup peluit dan memberikan tendangan bebas untuk Indonesia U-23. Namun, setelah melihat asisten wasit video (VAR) untuk kemungkinan penalti, dia bahkan membatalkan tendangan bebas dan tidak memberikan penalti.
  • Keputusan kontroversial berikutnya adalah menganulir gol yang dicetak oleh Muhammad Ferarri di menit ke-61. Gol lahir setelah memanfaatkan kemelutuan di depan gawang lawan. Namun, setelah melihat VAR, Shen malah menganulir gol tersebut. Dia menganggap Ramadhan Sananta sudah terperangkap offside sebelum Ferarri masuk ke gawang lawan.
  • Kontroversi ketiga yang dibuat oleh Shen adalah memberi kartu merah kepada Rizky Ridho. Bek tersebut dianggap membahayakan pemain lawan saat melakukan sapuan. Dalam tayangan ulang, terlihat kaki Rizky melayang di antara paha pemain lawan yang membahayakan area vital. Wasit awalnya tidak menghiraukan insiden tersebut, tetapi setelah melihat VAR dia malah mengeluarkan kartu merah.
  • tidak memberikan penalti kepada Indonesia U-23 atas pelanggaran terhadap Witan Sulaeman
  • Yinhao juga tidak ragu-ragu untuk mengeluarkan kartu kuning kepada pelatih tim nasional Indonesia U-23, Shin Tae-yong.

Performa Shen Yinhao di pertandingan semifinal ini menuai banyak kritik dari para pendukung tim nasional Indonesia, terutama di media sosial. Banyak yang mempertanyakan keadilan dan profesionalismenya sebagai wasit.

  1. Dikenal Membuat Keputusan Kontroversi

Jauh sebelum pertandingan Timnas Indonesia dan Uzbekiztan, wasit Shen Yinhao sudah dikenal dengan keputusan-keputusan tidak biasa. Dilansir dari Pandaily, pada tahun 2020 silam, Yinhao juga membuat keputusan kontroversi, ketika Luneng bertanding dengan Beijing Guoan.

Rasa kesal dari pihak Luneng sudah terpendam cukup lama. Pada pertemuan pertama antara Shandong Luneng dan Beijing Guoan, wasit Shen Yinhao memberikan hadiah penalti kepada Beijing Guoan dan kemudian mensahkan gol penyama kedudukan Beijing dan membuat Luneng kehilangan keunggulan.

Dalam kedua momen pertandingan tersebut, pemain Luneng mempertanyakan keputusan Shen dan meminta untuk mengecek VAR, namun Shen mengabaikan permintaan mereka. Pertandingan tersebut akhirnya berakhir imbang 2-2 dan Luneng percaya mereka bisa menang jika mendapatkan perlakuan yang adil.

Banyak media yang mengkritik wasit setelah timnas U-23 kalah 0-2 dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024. VAR sendiri mempengaruhi keputusan wasit Shen Yinhao dan kelemahan VAR menjadi topik diskusi setelah pertandingan.

Selain sosok shen yinhao, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi