Rizki Juniansyah Lewati Rekor Susi Susanti Jadi Atlet Termuda Peraih Emas Olimpiade

| 09 Aug 2024 12:50
Rizki Juniansyah Lewati Rekor Susi Susanti Jadi Atlet Termuda Peraih Emas Olimpiade
Riski Juniansyah sumbang emas dari angkat besi (Dok. Antara)

ERA.id - Rizki Juniansyah sukses mempersembahkan medali emas kedua bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Namanya terukir sebagai lifter pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade.

Bukan cuma itu, nama Rizki Juniansyah mencatatkan pemegang Olympic Record untuk clean and jerk dengan angkatan 199kg. Lifter kelahiran Serang, 17 Juni 2003 itu juga menjadi atlet Indonesia termuda peraih medali emas di Olimpiade.

Menariknya, pencapaian tersebut didapatnya pada usia 21 tahun 1 bulan. Ini juga menjadi kado karena ia baru saja merayakan ulang tahun ke-21 pada Juni lalu.

Catatan ini sekaligus menyalip rekor Susi Susanti yang meraih emas Olimpiade Barcelona 1992. Kala itu usia legenda bulutangkis putri ini meraih emas di usia 21 tahun 5 bulan, dikutip dari laman Kemenpora.

Rizki sukses bawa pulang medali emas Olimpiade Paris 2024 usai catatkan total angkatan 354 kg. Raihan itu terdiri dari 155 kg di snatch dan 199 kg di clean & jerk.

Sosok Rizki mulai berkibar di World Championship 2022, saat itu ia berhasil meraih medali perak dan emas. Lifter asal Serang, Banten itu juga seorang pemegang world record untuk angkatan total yakni 365kg pada World Cup 2024 di Phuket, Thailand.

Jelas saja pencapaian ini begitu membanggakan. Karena di usia yang tergolong muda Rizki bisa menjadi aset untuk masa depan kontingen Indonesia.

Laporan: Galih Ridwan

Rekomendasi