Serie A Italia Beri 'Kartu Merah' ke Pelaku Kekerasan dalam Rumah Tangga

| 26 Nov 2020 17:15
Serie A Italia Beri 'Kartu Merah' ke Pelaku Kekerasan dalam Rumah Tangga
Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, mengenakan tanda merah di pipinya sebagai bagian dari kampanye anti-KDRT yang dilakukan Serie A Italia. (Foto: Lega Serie A)

ERA.id - Liga sepak bola Serie A Italia ingin memberi dukungan pada kampanye anti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Italia. Solidaritas itu ditunjukkan lewat coreng merah di bawah mata para pemain bola yang berlaga mulai Minggu (22/11/2020) lalu.

Seperti dikabarkan situs Besoccer, pada hari Minggu, seluruh pemain dan wasit dalam pertandingan antara Atalanta vs Juventus menampilkan coreng merah di wajah mereka. Warna itu hendak menyimbolkan "kartu merah" bagi para pelaku KDRT. Seperti diketahui, kartu merah adalah kartu yang diberikan wasit pertandingan sepak bola pada seorang pemain yang melakukan pelanggaran yang terlalu kasar dan membahayakan keselamatan pemain lainnya.

Kampanye ini diinisiasi oleh manajemen Serie A. Seperti disebutkan Besoccer, mereka ingin meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu KDRT di Italia, dan berupaya agar masalah tersebut bisa diberantas.

Serie A mengatakan bahwa gestur tersebut akan diterapkan selama sepakan penuh dalam pertandingan-pertandingan di kasta tertinggi sepak bola Italia itu.

"Seria A mendukung 'WeWorldOnlus', yaitu sebuah organisasi yang selama 20 tahun terakhir melindungi hak perempuan dan anak-anak yang berada dalam bahaya di Italia dan seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk melawan segala jenis ketidakadilan terhadap perempuan," kata manajemen Serie A lewat pernyataan tertulis.

Rekomendasi