Hari Olahraga Nasional, Inilah 5 Tips Zumba Bagi Pemula yang Mudah Dilakukan

| 10 Sep 2021 08:00
Hari Olahraga Nasional, Inilah 5 Tips Zumba Bagi Pemula yang Mudah Dilakukan
Zumba (Foto: Pexels/Kate Trysh)

ERA.id - Selama pandemi, kesadaran masyarakat menjaga kesehatan lewat olahraga dari rumah, salah satunya zumba, terus meningkat. Ditambah lagi, kini olahraga semakin dipermudah dengan adanya kehadiran virtual yang tidak perlu repot-repot untuk berpergian ke tempat gym.

“Pada kategori Olahraga di Tokopedia, matras senam, pakaian olahraga serta alat olahraga yang dapat digunakan di rumah menjadi produk paling populer selama kuartal II/2021,” ungkap Sport and Hobbies Category Senior Lead Tokopedia, Mirna Puspita, melalui acara virtual 'media workshop:zumba class bersama Tokopedia' pada Kamis (9/9/2021).

Dalam rangka Hari Olahraga Nasional pada Kamis (9/9/2021), Tokopedia bersama Instruktur Zumba sekaligus Influencer, Cantika Felder, membagikan tips bagi pemula yang ingin berolahraga zumba.

1. Kenakan Pakaian dan Sepatu Olahraga yang Nyaman

"Zumba memiliki banyak gerakan. Pilihlah pakaian dan sepatu olahraga yang tepat agar badan lebih nyaman," ujar Cantika.

Mirna di sisi lain mengatakan, "Happy Fit, salah satu seller lokal Tokopedia penghasil pakaian dan perlengkapan olahraga, mencatat peningkatan transaksi hampir dua kali lipat selama kuartal II/2021 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya."

2. Jangan Lupa Pemanasan dan Pendinginan

Zumba (Foto: Unsplash/Danielle Cerullo)
Zumba (Foto: Unsplash/Danielle Cerullo)

Pemanasan singkat sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya cedera atau kram otot. Pendinginan setelah zumba juga wajib dilakukan agar mengurangi nyeri otot.

3. Lakukan Berkala untuk Jaga Imunitas hingga Turunkan Berat Badan 

Selain membuat badan menjadi lebih bugar, olahraga zumba dapat membantu menjaga imunitas, menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan serta peredaran darah.

"Zumba juga bisa menjadi stress relief di kala WFH. Melakukan zumba virtual dengan teman dapat membantu meningkatkan mood dan energi," kata Cantika.

4. Jaga Asupan dan Perbanyak Minum Air Mineral

Ilustrasi pasangan (Foto: Pexels/Liliana Drew)
Ilustrasi pasangan (Foto: Pexels/Liliana Drew)

"Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsi setangkup roti gandum, pisang atau yoghurt satu jam sebelum zumba. Jangan lupa penuhi asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi," tutur Cantika.

Setelah melakukan zumba, Cantika juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein agar membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak saat berolahraga.

5. Waktu Ideal Zumba

Zumba ideal dilakukan pagi maupun sore hari. Hal ini agar tak menganggu kulaitas tidur maupun pekerjaan.

"Kita sebaiknya menghindari olahraga berintensitas tinggi seperti zumba setidaknya dua jam sebelum tidur agar tidak mengganggu waktu maupun kualitas tidur," tambah Cantika.

Rekomendasi