Baru Diresmikan, Patung Cristiano Ronaldo di India Tuai Kritik Pedas, Kenapa?

| 31 Dec 2021 10:54
Baru Diresmikan, Patung Cristiano Ronaldo di India Tuai Kritik Pedas, Kenapa?
Patung ronaldo di india dikritik (Dok: Twitter/@MichaelLobo76)

ERA.id - Patung bintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo, yang baru saja diresmikan di India menuai kontroversi dan kritik pedas dari warga sekaligus kritikus.

Patung bintang Portugal itu telah dipahat menjadi monumen batu senilai 12.000 pound atau sekitar Rp231 juta,di kota Calangute, Goa, India. Sayangnya kehadiran patung itu menuai kritik dari warga setempat hingga kritikus.

Premanand Divkar, presiden konstituensi Calangute mengatakan seharusnya pesepakbola lokal yang perlu dihormati dan dijadikan patung di lokasi tersebut. Divkar menilai pemain lokal tidak kalah hebatnya dari Ronaldo di kancah internasional.

"Ada begitu banyak pesepakbola hebat dari Calangute seperti Bruno Coutinho dan Yolanda D'Souza, yang telah membawa kemenangan ke India dengan bermain sepak bola di tingkat internasional. Mengapa patung mereka tidak dipasang? Mereka dari Calangute. Mengapa patung pesepakbola Portugal dipasang," kata Divkar, dikutip The Navhinds Times via Dailymail, Kamis (30/12/2021).

Selain itu, seorang aktivis menilai pemasangan patung Ronaldo merupakan bentuk penghinaan selama perayaan ulang tahun ke-60 Goa, yang akhirnya memenangkan kebebasan dari kekuasaan Portugis. Di mana hal itu terjadi 14 tahun setelah bagian lain India merdeka dari kekuasaan Inggris.

"Mendirikan patung pesepakbola Portugal tahun ini adalah tindakan asusila. Kami mengutuk ini. Ada banyak pejuang kemerdekaan di Goa yang telah dihina," kata aktivis sayap kanan Guru Shirodkar.

Kemarahan ini tidak hanya datang dari kritikus saja, sejumlah warga asli Goa juga turut protes atas keberadaan patung emas Ronaldo itu. Sorang warga Goan mengatakan dirinya kecewa begitu mendengar kabar patung Ronaldo akan didirikan.

"Sangat kecewa mendengar patung Ronaldo didirikan. Belajarlah untuk bangga dengan ikon kita sendiri seperti Samir Naik dan Bruno Coutinho," kata seorang warga Goan kepada kantor berita IANS.

Diketahui selama peresmian patung, beberapa orang terlihat mengibarkan bendera hitam sebagai langkah protes.

Sementara itu, menteri Goa Michael Lobo membagikan potret dirinya di depan patung emas Ronaldo yang penuh kontroversi. Lobo mengatakan kehadiran patung Ronaldo itu diharapkan bisa menginspirasi anak-anak untuk membawa sepak bola ke tingkat yang lebih tinggi.

"Merupakan suatu kehormatan untuk meresmikan keindahan ruang terbuka, lansekap, taman dengan fondasi dan jalan setapak. Ini adalah pertama kalinya patung Cristiano Ronaldo muncul di India. Ini tidak lain untuk menginspirasi generasi muda kita," kata Lobo, dikutip ANI, Kamis (30/12/2021).

Lalu, kata Lobo, dia berharap dengan kehadiran patung Ronaldo itu bisa membawa suka cita bagi anak laki-laki dan perempuan, yang tidak segan untuk berfoto dan melihat patung dari jarak dekat.

Meskipun kriket tetap menjadi olahraga paling populer di India, sepak bola terutama Liga Utama Inggris adalah favorit di beberapa kantong negara di Kerala di selatan, Goa di barat, Benggala Barat di timur dan semua dari delapan negara bagian timur laut.

Cristiano Ronaldo, yang saat ini bermain untuk Manchester United, dipuja oleh banyak penggemar dan secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah permainan.

Ini bukan pertama kalinya patung Ronaldo menuai kritik. Pada tahun 2017 patung Ronaldo secara luas diejek dan akhirnya diganti di bandara Madeira di Portugal.

Rekomendasi