Pebalap MotoGP 'Keluyuran' di Lombok, Penyelenggara: Ada Panitia Mengawasi

| 10 Feb 2022 14:10
Pebalap MotoGP 'Keluyuran' di Lombok, Penyelenggara: Ada Panitia Mengawasi
GP Mandalika (Antara)

ERA.id - Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menegaskan bahwa sistem gelembung atau "bubble" MotoGP Mandalika, yang diterapkan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19, telah berjalan ketat.

Sistem "bubble" membatasi ruang gerak para pebalap dengan hanya memperbolehkan mereka untuk berada di hotel, sirkuit dan tempat olahraga.

Sementara, beberapa pebalap MotoGP yang telah tiba di Mandalika untuk tes pramusim terlihat melakukan aktivitas di luar tempat-tempat yang ditentukan dalam sistem "bubble" tersebut.

Terkait hal itu, Abdulbar mengatakan bahwa mereka yang beraktivitas di luar "bubble" berada dalam pengawasan ketat.

"Jadi kalau yang dilihat kemarin itu mereka sudah ada yang mengawasi... Mereka hanya boleh exercise, hotel dan di sirkuit, dan kalau ada yang berinteraksi itu dengan pengawasan kita," kata Abdulbar di Jakarta, Rabu (9/2).

"Jadi ada dari panitia yang mengawasi, dan kita strict sekali," ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Salah seorang pebalap asal Prancis Fabio Quartararo, tertangkap kamera tengah mengunjungi konter telepon selular (HP) di Kuta Mandalika Lombok Tengah, Selasa (8/2).

Sementara, pebalap tim Aprilia Alex Espargaro dari unggahan Instagram-nya tampak berkeliling Mandalika dengan menggunakan sepeda.

Abdulbar menjelaskan bahwa penyelenggara dari awal telah berkoordinasi dengan satgas COVID-19, Kementerian Kesehatan dan juga BNPB untuk akhirnya menetapkan sistem "bubble."

Para pebalap datang dari Malaysia -- setelah melakukan tes pramusim di Sepang -- dengan dua pesawat shuttle mendarat di Lombok.

"Kami juga berusaha untuk memperkuat sistem bubble ini dengan didampingi untuk setiap perjalanan kru dan pebalap yang berjumlah 526," ujar Abdulbar.

"Termasuk kemarin arahan dari Marsekal Hadi Tjahjanto selaku ketua panitia bahwa setiap perjalanan pebalap ke mana pun itu didampingi dengan satu personel dari BNBP dan panitia."

Abdulbar juga mengatakan bahwa tes PCR telah dilakukan dengan hasil secara keseluruhan negatif.

"Jadi kami berawal dari negatif... terakhir pada saat WSBK kami juga berhasil untuk tidak menjadi cluster baru, semoga di preseason test dan di MotoGP nanti kami bisa melakukan standar yang sama sehingga tidak ada kasus baru lagi," kata Abdulbar.

Kami juga pernah menulis soal MotoGP Mandalika Jadi Etalase Industri Olahraga Nasional, Menkominfo: Momentum yang Harus Dijaga dengan Baik Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi